Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis saintifik dan penerapan soal open-ended pada materi lingkaran / Ratih Achdyarti Kusuma Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis saintifik dan penerapan soal open-ended pada materi lingkaran / Ratih Achdyarti Kusuma Dewi

Dewi, Ratih Achdyarti Kusuma (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis saintifik dan penerapan soal open-ended pada materi lingkaran / Ratih Achdyarti Kusuma Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi R.A.K. 2016.PengembanganPerangkatPembelajaranBerbasisSaintifikdanPenerapanSoal Open-ended padamateriLingkaran. Skripsi Program StudiPendidikanMatematika JurusanMatematika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Drs.Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. Kata Kunci perangkatpembelajaranberbasissaintifik penerapansoalopen-ended lingkaran Kurikulum yang diterapkan di Indonesia saatiniadalahKurikulum 2013 dimanaproses pembelajarannyamenggunakanpendekatansaintifikdengan 5 pengalamanbelajar yaitumengamati menanya menggaliinformasi menalar danmengomunikasikan. Untukitu dibutuhkanperangkatpembelajaranmatematika yang menerapkanpendekatansaintifikdanmampumengasahkemampuandasarmatematika salahsatunyadenganmenerapkansoal-soalopen-ended yang mampumengasahkemampuanpenalaransiswa. Perangkatpembelajaranberbasissaintifik yang dikembangkandalampenelitianiniadalahRencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP) danLembarKegiatanSiswa (LKS) yang menerapkansoalopen-ended.Tujuanpenelitianpengembanganiniadalahmembuatperangkatpembelajaranberbasissaintifikdanpenerapansoalopen-ended padamaterilingkaran yang valid praktis danefektif. Proses untukmemperolehhasilpengembanganberdasarkan model pengembanganPlomp yang meliputi (1) faseinvestigasiawal (2) fasedesain/perancangan (3)faserealisasi/konstruksi (4) faseanalisis evaluasi danrevisi dan (5) faseimplementasi. Ujikevalidandilakukanoleh3 validator yaituseorangdosenmatematikadenganpendidikan S2sebagai validator ahli dan2 orang guru matematikadenganpendidikan S1 sebagai validator praktisi. Ujikepraktisanprodukdilakukandenganmenganalisahasilpengisianangketoleh guru mitradansiswa.Ujikeefektifandilakukanolehpengembangdengansubjek 35siswa SMP Negeri 21 Malang Kelas8.1 jugadenganmenganalisahasilpengisianlembarobservasikegiatan guru dankegiatansiswaoleh observer. UjicobaprodukmenunjukkanskorkevalidanRPP adalah 3 60dengankriteria validdanskorkevalidanworksheet 3 63 dengankriteria valid. Skorkepraktisan RPP adalah 3 76dengankriteriapraktisdanskorkepraktisan LKS 3 61 dengankriteriapraktis. Skorujikeefektifanmemenuhikriteriaefektifdengannilai rata-rata 8 62dan 85 7% darijumlahsiswatuntasdalamnilaiujikompetensi. Ujikeefektifanjugamelaluilembarobservasidenganskorkeefektifanproduk 3 72dan 3 76 dengankriteriaefektif. Data-datatersebutmenunjukkanbahwahasilpenelitianpengembanganini yang berupa RPP dan LKS telahmemenuhikriteria valid praktis danefektif. Kelebihandariperangkatpembelajaranberbasissaintifikdanpenerapansoalopen-endeddiantaranyalangkah-langkahpembelajaranpada RPP dan LKS membuatsiswalebihaktifdalampembelajarandanmauberlatihuntukmengembangkanpenalarannyaterhadapmasalah-masalah yang bisamemilikibanyakalternatifjawaban.Keterbatasanperangkatpembelajaran yang dikembangkanyaitumasihterbataspadamaterilingkaranuntuksiswakelas 8.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15996

Actions (login required)

View Item View Item