Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis standar komunikasi matematika untuk siswa SMP kelas VII pada materi segi empat / Puspita Ayu Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis standar komunikasi matematika untuk siswa SMP kelas VII pada materi segi empat / Puspita Ayu Damayanti

Damayanti, Puspita Ayu (2016) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis standar komunikasi matematika untuk siswa SMP kelas VII pada materi segi empat / Puspita Ayu Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Damayanti Rezkyka. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Audio Visual pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Bulus Kabupaten Tulungagung. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Lilik Bintartik M.Pd (II) Drs. Hadi Mustofa M.Pd. Kata Kunci peningkatan membaca media audio visual Hasil observasi yang dilakukan terhadap proses pembelajaran tentang kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Bulus kabupaten Tulungagung diketahui terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu (1) dari 24 anak terdapat 19 anak yang belum mampu membaca dengan lancar serta masih dibantu oleh guru sedangkan 5 anak yang cukup lancar tanpa bantuan guru (2) sebagian besar anak masih sulit dalam membaca kata dan masih tersendat-sendat (3) volume anak pada saat membaca sebagian besar masih bisik-bisik dan (4) terdapat beberapa anak yang tidak mau maju ke depan kelas untuk membaca. Faktor penyebab yang mempengaruhi permasalahan tersebut antara lain (1) media yang digunakan masih bersifat monoton (2) tampilan yang digunakan untuk pengenalan huruf kurang variatif dan (3) media atau alat peraga jumlahnya masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual dan peningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Dharma Wanita Bulus kabupaten Tulungagung melalui media audio visual. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri 4 tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian penggunaan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dilaksanakan oleh guru dengan sangat baik (100 %) dan diikuti anak dengan baik (87 5 %). Rata-rata kemampuan membaca permulaan dari pratindakan sampai siklus II meningkat dari kriteria sangat kurang (53 5) menjadi cukup (77 5). Demikian juga dengan ketuntasan anak secara klasikal meningkat dari kriteria sangat kurang(21%) pada pratindakan menjadi baik (87 5 %) di akhir tindakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. melalui media yang menarik akan menumbuhkan minat anak untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menggunakan media audio visual pada pembelajaran bahasa khususnya kemampuan membaca permulaan supaya dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B TK Dharma Wanita Bulus kabupaten Tulungagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15991

Actions (login required)

View Item View Item