Gusetiawati, Ririn (2016) Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Batu melalui pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materi segiempat dan segitiga / Ririn Gusetiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Gusetiawati Ririn. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 3Batumelalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi Segi Empat dan Segitiga. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Made Sulandra Dr. rer.nat. M.Si. Kata Kunci Hasil Belajar Team Assisted Individualization (TAI) Segi Empat Segitiga Hasil observasi pembelajaran di kelas VII-A SMP Negeri 3 Batu dan wawancara kepada guru matematikanya menunjukkan bahwa kelompoktidak heterogen diskusi kelompok kurang efektif anggota kelompok tidak berusaha membantu/melibatkan anggota lain dan guru tidak bisa secara optimal membantu semua kelompok. Selain itu hasil belajar matematika siswa kelas VII-A masih rendah skor rata-rata tes materi garis dan sudut hanya 70. PTK ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui keterlibatan anggota kelompok membantu anggota kelompoknya. Oleh karena itu pembelajaran dalam PTK ini menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) di kelas VII-A SMP Negeri 3 Batu pada materi segi empat dan segitiga. PTK ini berjalan selama 2 siklus melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa yaitu 9 67% (tes awal) 51 61% pada siklus I dan 77 41% pada siklus II. Selain itu sikap kerja sama disiplin respon siswa dan keterlaksanaan pembelajaran berkategori baik. Pembelajaran kooperatif tipeTAIdipadukan dengan pendekatan saintifik. Penerapan pembelajaran ini diawali dengan pemberian tes awal untuk mengelompokkan siswa secara heterogen. Pada pembelajarannya siswa duduk berkelompok dan mengerjakan lembar kerja siswa secara individu. Selanjutnya kelompok saling mengoreksi hasil pekerjaan anggota lainnya dan saling membantu. Kemudian guru memberikan bantuan kepada kelompok yang memerlukan bantuan. Setelah diskusi selesai siswa mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya dan kelompok lain menanggapinya. Terakhir siswa dibimbing me-review materi yang telah dipelajari dan siswa mengerjakan kuis. Pada akhir siklus siswa mengerjakan tes akhir siklus dan pemberian penghargaan kelompok berdasarkan skor rata-rata hasil kuis anggota kelompok. Mengingat keterbatasan dan kekurangan pada penelitian ini seperti pengerjaan LKS yang menghabiskan waktu cukup lama dan peran guru belum optimal membantu semua kelompokmaka manajemen waktu perlu diperhatikan dan peran guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15989 |
Actions (login required)
View Item |