Pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 12 Malang pada materi sistem persamaan linear dua variabel / Nelse Yonita Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 12 Malang pada materi sistem persamaan linear dua variabel / Nelse Yonita Kurniawati

Kurniawati, Nelse Yonita (2016) Pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 12 Malang pada materi sistem persamaan linear dua variabel / Nelse Yonita Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Nelse Yonita.2016. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 12 Malang pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sukoriyanto M.Si Kata Kunci Pemahaman Konsep Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Tujuan dari penelitian ini adalahmenghasilkan rancangan langkah-langkah pembelajaran dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif karena bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan tahap tindakan tahap observasi dan tahap refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMPN 12 Malang dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas VIIIG sebanyak 30 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (1) hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam menerapkan model pembelajaran STAD pada siklus I dan siklus IImemenuhi indikator keberhasilanyaitu dengan kategori minimal baik. (2) Pemahaman konsep siswa meningkat yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa secara klasikal pada tindakan siklus I adalah 63 33 % dan pada tindakan siklus II adalah 83 33 % sehingga hasil belajar siswa meningkat yaitu dari kurang menjadi baik dan memenuhi standar ketuntasan minimal yaitu 75. Langkah-langkah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa meliputi (1) kegiatan pendahuluan mencakup 1 tahapan dalam metode STAD yaitu tahap presentasi kelas. Sebelumnya guru menyampaikan model pembelajaran yang digunakan pada pertemuan tersebut urutan kegiatan serta penilaian dan tujuan pembelajaran kemudian guru mengingatkan kembali tentang materi prasyarat dan memberikan motivasi dengan memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. (2) kegiatan inti mencakup 1 tahapan dalam metode STAD yaitu tahap belajar kelompokuntuk menyelesaikan masalah pada LKS yang telah diberikan guru. (3) kegiatan penutupmencakup 3 tahapan dalam metode STAD yaitu tahap pelaksanaan kuis secara individu tahap penghargaan kelompok yang diberikan kepada kelompok super hebat kelompok hebat dan kelompok baik dan dilanjutkan pada tahap refleksi dengan mengisi angket refleksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15987

Actions (login required)

View Item View Item