Widayati, Rahma Kumala (2016) Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dengan menerapkan metode think talk and write di kelas VIII-B SMP Brawijaya Smart School Malang / Rahma Kumala Widayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Widayati Rahma Kumala. 2016. MeningkatkanKemampuanKomunikasiMatematisdenganMenerapkanMetodeThink Talk and Write di Kelas VIII-B SMP BrawijayaSmart School Malang. Skripsi JurusanMatematika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Toto Nusantara M. Si Kata Kunci komunikasimatematis metodethink talk and write Penelitianinidilaksanakandengantujuanmendeskripsikanpembelajarandenganmetodethink talk and write yang dapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematissiswakelas VIII-B SMP BrawijayaSmart School Malang. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas VIII-B SMP BrawijayaSmart School Malang sebanyak 25 orang. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasikegiatan guru lembarobservasikegiatansiswa lembarobservasikemampuankomunikasimatematislisansiswa lembarteskemampuankomunikasimatematistulissiswadancatatanlapangan. Proses pembelajarandenganmenggunakanmetodethink talk and write yang dapatmeningkatkankemampuankomunikasimatematissiswameliputi (1) kegiatanpendahuluan guru memberikanmotivasidenganmenceritakanketerkaitanmateridengankehidupansehari-hari (2) kegiatanintimencakuptigatahapandalammetodethink talk and write yaitutahapberpikirdanmenyelesaikanmasalahsecaraindividu tahapmendiskusikanmasalahsecaraberkelompok dantahapmenuliskanpenyelesaianmasalahdarihasildiskusi (3) kegiatanpenutup guru membimbingsiswauntukmembuatkesimpulandarihasilpembelajaran. Hasildaripembelajaran yang diterapkanmenunjukkanbahwakomunikasimatematissiswamengalamipeningkatan. Komunikasimatematistertulismengalamipeningkatandariskor 6 68berkriteriacukupbaikpadasiklus I menjadi 9 40 berkriteriabaikpadasiklus II. Selanjutnyakomunikasimatematislisanmengalamipeningkatan yaitupadasiklus I satukelompokberadapadakategoricukupbaik duakelompokpadakategorikurangbaikdantigakelompokpadakategorisangatkurangbaik. Sedangkanpadasiklus II duakelompokpadakriteriabaikdanempatkelompokpadakriteriacukupbaik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15985 |
Actions (login required)
View Item |