Penerapan pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas VII-G SMP Negeri 9 Malang / Putu Evi Paramithasari Wardana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas VII-G SMP Negeri 9 Malang / Putu Evi Paramithasari Wardana

Wardana, Putu Evi Paramithasari (2016) Penerapan pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas VII-G SMP Negeri 9 Malang / Putu Evi Paramithasari Wardana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardana PutuEviParamithasari. 2016. PenerapanPembelajaranProblem PosinguntukMeningkatkanKemampuanBertanyaSiswaKelas VII-G SMP Negeri 9 Malang. Skripsi JurusanMatematika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. Kata kunci problem posing kemampuanbertanya. Berdasarkanobservasidanhasilwawancara yang dilakukandenganIbu DL yaitu guru matapelajaranmatematikakelas VII-G di SMP Negeri 9 Malang diperolehinformasibahwasiswa dikelas VII-G sangatpasifdalambertanya merekacenderunghanyamenjawabpertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru. Namunketika guru memintasiswauntukbertanya hampirsemuasiswa diam.Jikasiswatidakmampuuntukmengajukanpertanyaanmakasiswatidakdapatmengkonfirmasihal-hal yang ingindiketahui kurangnyapartisipasisiswadalampembelajarandangurutidakdapatmengetahuipemahamansiswatentanghal yang sudahdipahamidanhal yang belumdipahami. Berdasarkan masalah-masalah yang dipaparkan diperlukan suatu pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk mengajukan pertanyaan sesuai dengan tingkatan kognitifnya. Sehinggapembelajaran yang diterapkanpadapenelitianiniadalahproblem posing. Penelitianinidimaksudkanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajaranproblem posing yang dapatmeningkatkankemampuanbertanyasiswakelas VII-G SMP Negeri 9 Malang. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengan data yang dikumpulkanmeliputi 1) data aktivitas guru dansiswaselamapembelajaranproblem posing yang berpedomanpadalembarobservasiaktivitas guru dansiswa 2) data catatanlapangan 3) data hasilkemampuanbertanyasiswa. Berdasarkan data darihasilteskemampuanbertanyasiswa yang dihitungsecaraklasikalmenunjukkanbahwapersentaseskorkualitaspertanyaanyaitu67 5% padasiklus I dan 78 3% padasiklus II. Persentaseskorrelevansidenganmateriyaitu 91 7% padasiklus I dan 95 7% padasiklus II. Persentaseskorbahasayaitu 68 3% padasiklus I dan 79 4 padasiklus II. Padaindikatorrelevansipertanyaan di siklus I terdapat 23siswa yang tergolongdalamkategori rendah kemudianpadasiklus II semuasiswatergolongdalamkategori minimal sedang padaindikatorbahasa di siklus I terdapat 17 siswa yang tergolongkategori rendah kemudianpadasiklus II semuasiswatergolongdalamkategori minimal sedang . Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas VII-G SMP Negeri 9 Malang dengan tahapan yaitu 1) tahap apersepsi dan motivasi 2) tahap penyampaian tujuan pembelajaran 3) tahap memahami materi 4) tahap presentasi hasil diskusi kelompok 5) tahap pengajuan soal 6) tahap penyelesaian soal 7) tahap refleksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15984

Actions (login required)

View Item View Item