Analisis keasalahan siswa dan pemberian scaffolding dalam mengerjakan soal essay teorema pythagoras berdasarkan tahapan Newman / Dwi Rohmatus Sholikah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keasalahan siswa dan pemberian scaffolding dalam mengerjakan soal essay teorema pythagoras berdasarkan tahapan Newman / Dwi Rohmatus Sholikah

Sholikah, Dwi Rohmatus (2016) Analisis keasalahan siswa dan pemberian scaffolding dalam mengerjakan soal essay teorema pythagoras berdasarkan tahapan Newman / Dwi Rohmatus Sholikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sholikah Dwi Rohmatus. Analisis Kesalahan Siswa dan Pemberian Scaffolding dalam Mengerjakan Soal Essay Teorema Pythagoras Berdasarkan Tahapan Newman. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pen-getahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Makbul Muksar S.Pd M.Si. Kata Kunci analisis kesalahan scaffolding soal essay teorema Pythagoras taha-pan Nemwan. Berdasarkan hasil ujian nasional tahun 2015 terdapat 970.073 siswa gagal mendapat predikat lulus karena memperoleh nilai Matematika kurang dari 4 0. Hal ini berarti tidak sedikit siswa melakukan kesalahan dalam menjawab soal. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 20 Malang diketahui bahwa ada siswa yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal teorema Pythagoras. Pada kenyataanya teorema Pythagoras merupakan materi prasyarat yang sangat penting untuk dikuasai. Oleh karena itu analisis kesalahan dalam mengerjakan soal teorema Pythagoras perlu dilakukan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal essay teorema Pythagoras berdasarkan tahapan Newman 2) mendeskripsikan scaffolding yang diberikan kepada siswa pada saat siswa mela-kukan kesalahan mengerjakan soal essay teorema Pythagoras. Subjek penelitian adalah 3 siswa yang melakukan kesalahan terbanyak dalam mengerjakan soal es-say teorema Pythagoras. Data penelitian merupakan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa beserta scaffolding yang diberikan ketika siswa melakukan kesa-lahan. Data tersebut diperoleh melalui hasil analisis jawaban tertulis dan wawan-cara siswa. Berdasarkan hasil analisis data terhadap jawaban tertulis dan hasil wawanca-ra 3 siswa yang melakukan kesalahan terbanyak diperoleh kesimpulan bahwa ke-salahan yang dilakukan siswa berdasarkan analisis kesalahan Newman meliputi kesalahan membaca (reading error) kesalahan memahami (comprehension error) kesalahan transformasi (transformation error) kesalahan keterampilan proses (process skill error) dan kesalahan menulis jawaban akhir (encoding error). Scaffolding yang diberikan peneliti ketika siswa melakukan kesalahan meliputi explaining reviewing dan restructuring. Tes essay kedua diberikan kepada subjek penelitian setelah pemberian scaf-folding. Siswa tidak melakukan kesalahan membaca pada tes essay kedua. Selain itu skor yang diperoleh siswa pada tes essay kedua lebih baik daripada skor tes essay yang pertama. Jadi pemberian scaffolding dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi teorema Pythagoras. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15981

Actions (login required)

View Item View Item