Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi aljabar berdasarkan rahapan Newman pada siswa SMP Negeri 9 Malang kelas VIII / Dewi Sih Wilujeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi aljabar berdasarkan rahapan Newman pada siswa SMP Negeri 9 Malang kelas VIII / Dewi Sih Wilujeng

Wilujeng, Dewi Sih (2016) Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi aljabar berdasarkan rahapan Newman pada siswa SMP Negeri 9 Malang kelas VIII / Dewi Sih Wilujeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wilujeng Dewi Sih. 2016. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar Berdasarkan Tahapan Newman pada Siswa SMP Negeri 9 Malang Kelas VIII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Subanji M.Si Kata Kunci kesulitan aljabar tahapan Newman Aljabar merupakan salah satu materi dari mata pelajaran matematika yang diberikan pada jenjang SMP. Dalam praktiknya materi aljabar tidaklah mudah bagi siswa (Bush 2011 Egodawatte 2011 Limardani 2015 Moss 2014). Seperti pada hasil observasi yang dilakukan di SMPN 9 Malang ketika pelaksanaan KPL (Kajian dan Praktik Lapangan) ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal materi aljabar. Hal ini terlihat dari mayoritas siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal materi aljabar. Limardani (2015) menyatakan bahwa kesalahan-kesalahan yang dibuat siswa mengindikasikan adanya kesulitan. Dengan mengetahui dan menganalisis kesulitan siswa pada jenjang SMP diharapkan guru dapat mengantisipasi kesulitan yang akan muncul dalam belajar materi selanjutnya yang menggunakan aljabar. Analisis yang digunakan adalah analisis kesalahan Newman (tahapan Newman) yang diawali dari tahapan reading diikuti comprehension transformation process skill dan encoding.Maka dibuatlah penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal aljabar. Penelitian diawali dengan pemberian soal tes aljabar kepada siswa kelas VIII-B. Soal tes tersebut terdiri dari 3 butir soal. Jawaban siswa dianalisis jawaban siswa yang benar semua tidak dipilih sebagai subjek. Siswa dengan jawaban salah akan dipertimbangkan sebagai subjek. Selanjutnya siswa akan dipilih berdasarkan kemampuannya dalam berkomunikasi atau mengungkapkan pendapatnya. Dari 31 siswa tersebut terpilih 5 subjek untuk diwawancarai lebih mendalam untuk menggali kesulitan siswa. Pedoman wawancara yang digunakan sesuai pada tahapan Newman. Dari hasil penelitian ditemukan kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi aljabar berdasarkan tahapan Newman yang dapat dikategorikan menjadi tiga bagian yaitu (1) reading (2) comprehension dan (3) transformation. Pada tahap reading kesulitan siswa meliputi (a) kesulitan memahami bahasa dikarenakan kurangnya pengetahuan dan kemampuan siswa dalam berbahasa yang baik (b) kesulitan memahami simbol matematika disebabkan oleh kurangnya pengetahuan siswa terkait simbol-simbol matematika (c) kesulitan memahami istilah matematika yaitu khususnya sederhanakan dikarenakan siswa tidak menguasai konsep menyederhanakan pecahan biasa maupun pecahan aljabar dan (d) kesulitan memahami pecahan bentuk aljabar yang digunakan pada soal disebabkan siswa tidak menguasai materi pecahan bentuk aljabar. Pada tahap comprehension kesulitan yang dialami siswa meliputi (a) kesulitan memahami maksud soal dikarenakan kurangnya kemampuan bernalar siswa dan membayangkan konteks yang ada pada soal (b) kesulitan dalam menyatakan fakta pada soal ke dalam bentuk model matematika disebabkan kurangnya kemampuan siswa dalam menerjemahkan soal ke dalam kalimat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15980

Actions (login required)

View Item View Item