Pratiwi, Diana (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantu monopoli matematika untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa SMP Negeri 12 Malang / Diana Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pratiwi Diana. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamentberbantu Monopoli Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika SiswaSmpNegeri 12 Malang. Skripsi.JurusanMatematika Fakultas MIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Dra. EtyTejoDwi C. M.Pd. Kata Kunci pembelajarankooperatif TGT motivasibelajarmatematika. Hasilobservasi di kelas VIII B SMP Negeri 12 Malang menunjukkanbahwamotivasibelajarmatematikasiswamasihrendah.Hal inidikarenakansiswajenuhdenganpembelajaranmatematikadi kelasdankurangtertarikpadamodel pembelajaran yang diterapkanoleh guru.Sehubungandenganhaltersebut makadipilih model pembelajaran yang sesuai di kelas VIII B SMP Negeri 12 Malang yaitu model pembelajarankooperatiftipe TGTberbantu media monopolimatematika.Tujuandaridilaksanakannyapenelitianiniyaituuntukmeningkatkanmotivasibelajarmatematikasiswa. JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) yang terdiridariduasiklusdenganmenggunakanpendekatankualitatif.Subjekdari penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Malang Kota Malang.Tahapanpentingpada PTK iniadalah (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi.Adapunperangkatpembelajarandalampenelitianiniyaitu RencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP) danLembarKerjaKelompok (LKK). Sedangkaninstrumenpenelitianiniyakni LembarObservasi CatatanLapangan danLembarAngketMotivasiBelajarSiswa. Sebelumdilaksanakanpenelitiansiklus I motivasibelajarmatematikasiswayaitusebesarkurangdari 50% siswamemilikimotivasibelajarmatematika yang beradapadatingkatan Baik .Kemudiansetelahditerapkanpenelitianpadasiklus I denganmenggunakan model pembelajarankooperatiftipe TGT berbantumonopolimatematikadiperolehhasilbahwasiswa di kelas yang memilikimotivasibelajarmatematika yang beradapadatingkat Cukup adalah 20% Baik adalah 66 7% dan BaikSekali adalah 13 3% . Sedangkanpeningkatanmotivasi rata-rata kelasmencapai 73 3% . Selanjutnyapadasiklus II diperolehhasilbahwasiswa di kelas yang memilikimotivasibelajarmatematika yang beradapadatingkat Baik adalah 66.7% dan BaikSekali adalah 33.3% .Sedangkanpeningkatanmotivasi rata-rata kelasdarisiklus I kesiklus II yaitu93.3% .Berdasarkan data tersebut dapatdisimpulkanbahwapenerapan model pembelajarankooperatiftipeTeams Games Tournament (TGT) berbantumonopolimatematikadapatmeningkatkanmotivasibelajarmatematikasiswa SMP Negeri 12 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15978 |
Actions (login required)
View Item |