Sugiharti, Adila (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-G SMP Negeri 13 Malang / Adila Sugiharti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sugiharti Adila. 2016. Penerapan Model PembelajaranKooperatifTipe Teams Games Tournament (TGT) UntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikaSiswaKelas VIII-G SMP Negeri 13 Malang.Skripsi JurusanMatematika FMIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Dr. Sudirman M.Si Kata Kunci pembelajarankooperatif teams games tournament hasilbelajar BerdasarkanhasilObservasi yang telahdilakukanpeneliti di kelas VIII-G SMP Negeri 13 Malang menunjukkanbahwahasilbelajarmatematikasiswamasihtergolongrendah.Hal iniditunjukkandengan data nilaiulanganharian di beberapamaterimatematika semester 1 denganbanyaksiswa yang tuntashanyasekitar 27% darikeseluruhansiswa.Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu model pembelajarankooperatiftipeTeams Games Tournament(TGT) yang disesuaikan dengan kurikulum 2013. JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasyang dilakukanselama 2 siklusmelaluipendekatankualitatifdankuantitatif.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanlangkah-langkahmodel pembelajarankooperatiftipeTeams Games Tournament(TGT) yang dapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelas VIII-G SMPNegeri 13 Malang. Berdasarkanpenelitiantersebut didapatkanlangkah-langkah model pembelajarankooperatiftipe TGT yang dapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelas VIII-G denganuraiansebagaiberikut. (1) presentasikelasoleh guru melaluitanyajawabuntukmenemukankonsep (2) teamsdenganmenggunakan media manipulatifuntukmengembangkankonsep yang sudahdidapat (3) games tournament (4) penghargaankelompok. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapersentasebanyaksiswa yang tuntaspadatesakhirsiklusmengalamipeningkatanyaknidarisebelumpenelitiantindakansebesar27% meningkatmenjadi 42 4%padaakhirsiklus I danmeningkatlagimenjadi 87 9% padaakhirsiklus II. Peningkataninijugadidukungolehnilaisikapseluruhsiswamenunjukkankategori minimal baik dantarafketerlaksanaan proses pembelajaran yang dilihatdarihasilobservasiaktivitas guru dansiswaselamapembelajaranjugamenunjukkankategori minimal baik .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15976 |
Actions (login required)
View Item |