Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita matematika dengan tahapan Newman dan scaffoldingnya pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Malang / Wasilatun Nafiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita matematika dengan tahapan Newman dan scaffoldingnya pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Malang / Wasilatun Nafiah

Nafiah, Wasilatun (2016) Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita matematika dengan tahapan Newman dan scaffoldingnya pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Malang / Wasilatun Nafiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nafiah Wasilatun. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika dengan Tahapan Newman dan Scaffoldingnya pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M. Si. Kata Kunci analisis kesalahan tahapan Newman soal cerita scaffolding. Soal cerita merupakan salah satu bentuk soal matematika yang cukup sulit bagi siswa. Dalam menyelesaikan bentuk soal tersebut siswa masih banyak melakukan kesalahan. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan analisis kesalahan dengan tahapan Newman yang merupakan salah satu metode untuk menganalisis kesalahan siswa yang terdiri atas 5 tahapan yaitu membaca (reading) memahami (comprehension) transformasi (transformation) keterampilan proses (process skill) dan penulisan jawaban akhir (encoding). Untuk membantu siswa diberikan pula scaffolding sesuai kesalahannya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang teridentifikasi berdasarkan tahapan Newman dan scaffolding yang diberikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data tertulis penelitian berupa 33 lembar jawaban siswa kelas VII-E dalam menyelesaikan soal tes tipe 1 dan data verbal berupa hasil wawancara serta pemberian scaffolding kepada empat subyek yang dipilih berdasarkan kriteria yang ditentukan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara menggunakan instrumen peneliti sendiri soal tes pedoman wawancara dan pedoman pemberian scaffolding. Proses triangulasi data dilakukan dengan membandingkan hasil tes dengan hasil wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan sebagai berikut jenis kesalahan siswa dalam (1) membaca soal kesalahan mengartikan istilah atau kata. (2) memahami masalah (a) tidak menuliskan secara lengkap dan tepat informasi yang diketahui dan ditanyakan (b) tidak dapat menggambarkan ilustrasi soal cerita. (3) transformasi soal (a) tidak memberikan keterangan pada proses penyelesaian (b) tidak tepat dalam memilih sebagian atau keseluruhan operasi penyelesaian. (4) keterampilan proses (a) kesalahan perhitungan (b) tidak melanjutkan perhitungan sampai selesai (c) berlebihan dalam menggunakan operasi penyelesaian. (5) penulisan jawaban akhir tidak menuliskan jawaban akhir dengan lengkap dan sesuai dengan pertanyaan soal. Sedangkan bentuk scaffolding yang diberikan sesuai kesalahan tersebut yaitu (1) explaining berupa penjelasan secara langsung kepada siswa. (2) reviewing pembacaan kembali soal dengan memberikan penekanan suara pada kata-kata penting pengajuan pertanyaan-pertanyaan dan pemberian tugas-tugas. (3) restucturing pemberian masalah lain yang lebih sederhana. (4) developing conceptual thingking pemberian pemisalan yang berbeda dengan soal yang sedang dikerjakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15974

Actions (login required)

View Item View Item