Pengembangan media pembelajaran komik dalam pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Beraturan untuk meningkatkan minat belajar siswa SMP kelas VIII / Bagas Widyatmaka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran komik dalam pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Beraturan untuk meningkatkan minat belajar siswa SMP kelas VIII / Bagas Widyatmaka

Widyatmaka, Bagas (2016) Pengembangan media pembelajaran komik dalam pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Beraturan untuk meningkatkan minat belajar siswa SMP kelas VIII / Bagas Widyatmaka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyatmaka Bagas. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Komik dalam Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Beraturan untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Mimiep Setyowati Madja M.Kom. Kata Kunci minat belajar media pembelajaran komik bangun ruang sisi datar beraturan. Pada berbagai mata pelajaran banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satunya yaitu minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran tersebut. Dengan adanya minat belajar maka keinginan siswa untuk mengikuti pembelajaran akan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak memiliki minat belajar. Matematika sering kali dianggap siswa sebagai mata pelajaran yang sulit sehingga minat belajar siswa menjadi berkurang sehingga guru matematika dituntut untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan agar minat belajar siswa meningkat. Berdasarkan survei yang penulis lakukan bacaan yang paling digemari oleh siswa adalah komik. Komik dianggap lebih menarik dibandingkan dengan buku pelajaran biasa. Sehingga penulis memadukan antara komik dengan pembelajaran matematika. Hal ini diharapkan agar minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika lebih meningkat. Adapun materi yang diambil adalah bangun ruang sisi datar beraturan sebab siswa masih bingung tentang materi ini. Kebanyakan siswa hanya menghafal rumusnya saja. Pengembangan komik sebagai media pembelajaran matematika ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari penelitian pengembangan Borg dan Gall. Adapun langkah-langkahnya yaitu analisis kebutuhan rancangan produk pengembangan produk validasi produk revisi produk awal uji coba produk revisi produk akhir dan hasil dari produk akhir. Media komik yang dihasilkan ini menyajikan 5 cerita yaitu Memelihara Ikan Membantu Ibu Kejadian Tidak Terduga Pabrik Coklat dan Pergi ke Rumah Pak Andi. Media komik berjudul Keseharian Si Cerdik yang Menarik diuji kevalidan kepraktisan dan keefektifannya agar bisa digunakan sebagai media pembelajaran. Skor kevalidan untuk media komik 3 45 RPP 3 75 soal evaluasi 3 59 dan angket respon siswa 3 42. Skor untuk kepraktisan yaitu 3 59 yang menyatakan media tersebut praktis. Tingkat keefektifannya 100% siswa tuntas belajar. Sehingga berdasarkan data kevalidan kepraktisan dan keefektifan maka media komik layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pokok bahasan bangun ruang sisi datar beraturan. Sebagai saran untuk penelitian selanjutnya yaitu agar membuat cerita komik yang lebih menarik lagi serta mengembangkan media komik pada pokok bahasan dan jenjang yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15970

Actions (login required)

View Item View Item