Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) melalui pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa kelas VII B SMPN 8 Malang pada pokok bahasan segi empat dan segitiga / Anita Dwi Septian - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) melalui pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa kelas VII B SMPN 8 Malang pada pokok bahasan segi empat dan segitiga / Anita Dwi Septian

Septian, Anita Dwi (2016) Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) melalui pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa kelas VII B SMPN 8 Malang pada pokok bahasan segi empat dan segitiga / Anita Dwi Septian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Septian Anita Dwi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) melalui Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Siswa Kelas VII B SMPN 8 Malang pada Pokok Bahasan Segi Empat dan Segitiga. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Latifah Mustofa Lestyanto S.Si M.Pd. Kata Kunci Think Talk Write Pendekatan Saintifik Komunikasi Matematis Tertulis Berdasarkan hasil observasi terhadap siswa kelas VII B SMPN 8 Malang dan wawancara kepada guru matematika kelas tersebut didapatkan informasi bahwa kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa masih belum optimal. Hasil kuis siswa pada beberapa pokok bahasan menunjukkan bahwa siswa masih belum memperhatikan cara penulisan jawaban secara matematis dari soal matematika yang diberikan terutama soal kontekstual. Suatu model pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa kelas VII B. Model pembelajaran tersebut yaitu Think Talk Write (TTW) (Sugandi 2011) yang disesuaikan dengan Kurikulum 2013 yakni melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjalan selama 2 siklus melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran TTW melalui pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa kelas VII B SMPN 8 Malang. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa meningkat setelah mengikuti pembelajaran dengan model TTW melalui pendekatan saintifik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase klasikal siswa yang mendapatkan kategori minimal baik yakni dari nilai hasil pretest siswa sebesar 56 25% meningkat menjadi 78 12% pada akhir siklus I dan meningkat kembali menjadi 87 5% pada akhir siklus II. Peningkatan ini juga didukung oleh taraf keterlaksanaan proses pembelajaran yang dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang menunjukkan kriteria minimal baik dari seluruh observer baik pada siklus I maupun siklus II. Berdasarkan penelitian tersebut didapatkan langkah-langkah model pembelajaran TTW melalui pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa kelas VII B dengan uraian sebagai berikut. (1) Mengamati sajian dari guru baik berupa gambar ilustrasi atau soal kontekstual kemudian memikirkan dan menuliskan hipotesis kesulitan dan pertanyaan pada Lembar Think Note (LTN) terkait hasil pengamatan tersebut. (2) Mengumpulkan dan mengaitkan informasi melalui diskusi dalam satu kelompok ataupun antar kelompok. (3) Menuliskan hasil analisis/pengaitan informasi yang didapat pada tempat yang telah disediakan kemudian membahas secara klasikal untuk mengonfirmasi dan menguatkan pemahaman dan terakhir menuliskan kesimpulan hasil belajar pada Lembar Write Your Idea (LWI).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15969

Actions (login required)

View Item View Item