Model pembelajaran berbasis permainan moving card untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan materi Integral kelas IX MIPA 6 SMAN 10 Malang / Ida Fitriana Ambarsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran berbasis permainan moving card untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan materi Integral kelas IX MIPA 6 SMAN 10 Malang / Ida Fitriana Ambarsari

Ambarsari, Ida Fitriana (2016) Model pembelajaran berbasis permainan moving card untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan materi Integral kelas IX MIPA 6 SMAN 10 Malang / Ida Fitriana Ambarsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ambarsari Ida Fitriana 2016. Model Pembelajaran Berbasis Permainan Moving Card untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Permasalahan Materi Integral Kelas XI MIPA 6 SMAN 10 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Susiswo M.Si. Kata Kunci permainan moving card motivasi Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis permainan moving card yang dirancang untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam menyelesaikan masalah integral. Penelitian berlangsung di SMA Negeri 10 Kota Malang dengan mengambil subjek seluruh peserta didik kelas XI MIPA 6 tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Pelaksanaan PTK berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan tatap muka. Di dalam penelitian ini peneliti meneliti pelaksanaan tindak pembelajaran dan dampaknya terhadap motivasi peserta didik dalam menyelesaikan masalah integral. Sehubungan dengan itu data yang dikumpulkan adalah data tentang deskripsi guru ketika melakukan tindakan-tindakan melakukan apersepsi menyampaikan tujuan pembelajaran membangkitkan motivasi meminta peserta didik mengerjakan LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik) meminta peserta didik melakukan permainan moving card dan memberikan quiz. Data lainnya tentang motivasi peserta didik mengerjakan masalah integral. Data dikumpulkan melalui instrumen yang berupa panduan observasi catatan lapangan angket dan wawancara. Dengan menggunakan teknik analisis kualitatif disimpulkan bahwa untuk meningkatkan motivasi peserta didik menyelesaikan masalah integral ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama guru harus menyimulasikan pelaksanaan permainan itu agar peserta didik dapat memahami petunjuk/aturan permainan tersebut. Kedua guru harus mengawasi dengan sungguh-sungguh pelaksanaan moving card.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15968

Actions (login required)

View Item View Item