Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi fungsi komposisi dan fungsi invers kelas XI IPA SMAN 10 Malang menggunakan prosedur Newman / Mei Yovika Indah Cahyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi fungsi komposisi dan fungsi invers kelas XI IPA SMAN 10 Malang menggunakan prosedur Newman / Mei Yovika Indah Cahyani

Cahyani, Mei Yovika Indah (2016) Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi fungsi komposisi dan fungsi invers kelas XI IPA SMAN 10 Malang menggunakan prosedur Newman / Mei Yovika Indah Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyani Mei Yovika Indah. 2016. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Kelas XI IPA SMAN 10 Malang Menggunakan Prosedur Newman. Skripsi Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudirman M.Si. Kata Kunci analisis kesalahan prosedur Newman. Belajar matematika sangat penting karena matematika merupakan dasar dari semua ilmu. Dalam pembelajaran matematika peserta didik selalu dilibatkan dalam menyelesaikan soal matematika. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas XI IPA SMAN 10 Malang tingkat kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers sangat tinggi.Hasil tes ulangan harian menunjukkan 84% peserta didik mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal tersebut. Analisis kesalahan peserta didik perlu diadakan ketika peserta didik menyelesaikan soal matematika menggunakan prosedur analisis kesalahan Newman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika dengan materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers. Data yang dikumpulkan meliputi (1) data hasil tes penentuan subjek dan (2) data hasil wawancara. Prosedur Newman dapat menganalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal dengan lima prosedur yaitu (1) tahap membaca (2) tahap memahami (3) tahap transformasi (4) tahap keterampilan proses dan (5) tahap penulisan jawaban akhir. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti ternyata dua dal melakukan kesalahan yang berbeda-beda. Adapun subjek pertama melakukan kesalahan pada tahap membaca transformasi keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Sedangkan subjek kedua mengalami kesalahan pada semua tahap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15966

Actions (login required)

View Item View Item