Identifikasi profil soal ujian nasional matematika jenjang SMA Jurusan IPA berdasarkan keterampilan berpikir tingkat lebih tinggi / Citra Wulanjani - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi profil soal ujian nasional matematika jenjang SMA Jurusan IPA berdasarkan keterampilan berpikir tingkat lebih tinggi / Citra Wulanjani

Wulanjani, Citra (2016) Identifikasi profil soal ujian nasional matematika jenjang SMA Jurusan IPA berdasarkan keterampilan berpikir tingkat lebih tinggi / Citra Wulanjani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulanjani Citra. 2015. Identifikasi Profil Soal Ujian Nasional Matematika Jenjang SMA Jurusan IPA berdasarkan Keterampilan Berpikir Tingkat Lebih Tinggi. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pebimbing Dr. I Nengah Parta S. Pd. M. Si. Kata Kunci profil soal ujian nasional matematika berpikir tingkat lebih tinggi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh profil soal Ujian Nasional (UN) Matematika jenjang SMA jurusan IPA berdasarkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Keterampilan berpikir tingkat lebih tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) mencakup keterampilan berpikir kritis (critical thinking) dan berpikir kreatif (creative thinking). Dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional maka dilakukanlah evaluasi pendidikan melalui Ujian Nasional. Namun kenyataannya UN belum berfungsi secara optimal. Dari masalah-masalah tersebut maka diperlukan identifikasi terhadap profil soal UN berdasarkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Data dalam penelitian ini ialah profil soal UN Matematika SMA Jurusan IPA. Sedangkan sumber datanya ialah soal UN Matematika jenjang SMA jurusan IPA selama lima tahun terakhir yaitu sejak tahun ajaran 2010/2011 s.d. 2014/2015. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik dokumentasi yaitu studi dokumen. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan peneliti serta diskusi dengan dosen pembimbing dan validator. Kegiatan analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil identifikasi data maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa profil soal UN Matematika jenjang SMA jurusan IPA ialah generating (membangkitkan) 2 5% clarify (mengidentifikasi) 4% dan relevance (menghubungkan) 4 5% jika ditinjau berdasarkan karakteristik berpikir kritis serta flexibility (keluwesan) 0 5% elaboration (elaborasi) 0 5% dan creating (menciptakan) 0 5% jika ditinjau berdasarkan karakteristik berpikir kreatif. Selain itu tidak ada soal UN Matematika SMA IPA yang termasuk dalam kategori berpikir kritis dan berpikir kreatif karena tidak memenuhi ketiga indikator pada masing-masing kategori tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini peningkatan kualitas soal berdasarkan HOTS sangatlah perlu. Selain itu bagi pendidik hendaknya mampu merancang pembelajaran yang efektif bagi peserta didik untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tingginya. Kemudian bagi penelitian lanjutan diharapkan peneliti mengelaborasi karakteristik HOTS supaya dapat diperoleh profil soal UN Matematika yang lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15962

Actions (login required)

View Item View Item