Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan hands on activity untuk memahamkan siswa kelas VII-D SMPN 16 Malang pada materi perbandingan / Rachmadhian Maulia Vickamila - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan hands on activity untuk memahamkan siswa kelas VII-D SMPN 16 Malang pada materi perbandingan / Rachmadhian Maulia Vickamila

Vickamila, Rachmadhian Maulia (2016) Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan hands on activity untuk memahamkan siswa kelas VII-D SMPN 16 Malang pada materi perbandingan / Rachmadhian Maulia Vickamila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Vickamila Rachmadhian Maulia 2015. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Hands On Activity untuk Memahamkan Siswa Kelas VII-D SMPN16 Malang pada Materi Perbandingan. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang Pembimbing Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. Kata Kunci hands on pemahaman pendekatan contextual teaching and learning Tujuan penelitian ini adalah memperbaiki cara mengajar dalam memahamkan siswa tentang materi perbandingan matematika melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan Hands on Activity. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus siklus pertama terdiri dari empat pertemuan dan siklus kedua terdiri dari dua pertemuan. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII-D SMPN 16 Malang sebanyak 37 orang 17 laki- laki dan 20 perempuan. Pemilihan subyek penelitian didasarkan pada observasi awal dan dialog yang dilakukan peneliti kepada siswa kelas VII-D SMPN 16 Malang diketahui bahwa kebanyakan siswa belum mampu menerapkan rumus dalam soal 8 siswa belum dapat mengubah pecahan ke bentuk desimal 40% siswa memberikan langkah yang tidak logis pada jawaban mereka dan 20 siswa masih salah dalam mengerjakan perhitungan aljabar. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober-November 2015. Kegiatan penelitian meliputi pembelajaran diskusi kelas presentasi dan pemberian tes. Data diperoleh dari nilai hasil tes akhir siklus pengkajian hasil tes hasil observasi aktivitas guru dan siswa hasil wawancara dan catatan lapangan. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah jika 80% siswa tidak melakukan kesalahan konsep sejak awal penyelesaian persentase banyaknya siswa berkategori tuntas belajar minimal 80% dari banyaknya siswa satu kelas dengan kriteria ketuntasan belajar nilai tes 75 dan hasil observasi aktivitas guru dan siswa minimal 75%. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar sebesar 80% dan terdapat 12 siswa yang melakukan kesalahan konsep pada materi menentukan suatu besaran jika perbandingan diketahui serta pesentase rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 87 6% dan aktivitas guru sebesar 94 4%. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 89 18% dari banyaknya siswa dalam kelas dan terdapat 13 88% siswa masih belum memahami materi menentukan suatu besaran jika perbandingan diketahui. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran siklus II termasuk dalam kategori Sangat Baik . Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan hands on activity dapat memahamkan siswa kelas VII-D SMPN 16 Malang pada materi perbandingan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15961

Actions (login required)

View Item View Item