Penerapan pembelajaran Team-Assisted Individualization (TAI) berbasis tahapan Newman untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School dalam menyelesaikan soal cerita matematika / Winda Ratna Siswaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran Team-Assisted Individualization (TAI) berbasis tahapan Newman untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School dalam menyelesaikan soal cerita matematika / Winda Ratna Siswaningtyas

Siswaningtyas, Winda Ratna (2016) Penerapan pembelajaran Team-Assisted Individualization (TAI) berbasis tahapan Newman untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School dalam menyelesaikan soal cerita matematika / Winda Ratna Siswaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Siswaningtyas Winda Ratna. 2015. Penerapan Pembelajaran Team-Assisted Individualization (TAI) Berbasis Tahapan Newman Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Brawijaya Smart School Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Tri Hapsari Utami M.Pd. Kata kunci Pembelajaran Team-Assisted Individualization (TAI) Tahapan Newman Soal Cerita Matematika. Soal cerita matematika adalah suatu permasalahan yang timbul dalam kehidupan sehari hari yang berkaitan dengan konsep pelajaran matematika. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti dikelas VII SMP Brawijaya Smart School menunjukkan bahwa cukup banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika dan beberapa siswa yang memiliki kemampuan tinggi memiliki sifat individual. Selain itu dalam kegiatan pembelajaran guru lebih cenderung menjelaskan langkah pengerjaan kemudian siswa diminta untuk mengerjakan latihan soal. Oleh karena itu perlu adanya pembelajaran yang dapat mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan mengoptimalkan kerja masing masing individu dalam kelompok yaitu dengan menerapkan Pembelajaran Team-Assisted Individualization (TAI) Berbasis Tahapan Newman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam satu siklus dengan pendekatan kulitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 26 Oktober 4 November 2015 di kelas VIIE SMP Brawijaya Smart School. Kemampuan awal siswa (pra tindakan) dalam menyelesaikan soal cerita matematika menggunakan Nilai Tengah Semester dan kemampuan setelah tindakan diperoleh dari Nilai Rata Rata Tes (Tes I dan Tes II). Kemudian diperoleh hasil bahwa banyaknya siswa yang berkemampuan tinggi meningkat dari 29% menjadi 71 43% atau peningkatannya sebesar 42 43% sedangkan banyaknya siswa yang berkemampuan rendah berkurang dari 33% menjadi 0% atau berkurang sebesar 33%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15959

Actions (login required)

View Item View Item