Pengembangan media pembelajaran berbentuk pop-up pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa kelas VIII / Yeni Puspitarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbentuk pop-up pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa kelas VIII / Yeni Puspitarini

Puspitarini, Yeni (2016) Pengembangan media pembelajaran berbentuk pop-up pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa kelas VIII / Yeni Puspitarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitarini Yeni. 2015.Pengembangan Media PembelajaranBerbentuk Pop-Up PadaMateriBangunRuangSisiDatarUntukSiswaKelas VIII.Skripsi JurusanMatematika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Dr. rer. nat. I Made Sulandra M. Si Kata Kunci pop-up media pembelajaran bangunruangsisidatar Dalam implementasi kurikulum KTSP perlu adanya media dalam pembelajaran dan berdasarkan hasil wawancara di SMP N 1 Pakisaji didapatkan bahwa siswa mengalami kesulitan pada mata pelajaran bangun ruang sisi datar serta media yang ada di sekolah hanya jaring-jaring sehingga masih kurang karena materi yang dibahas unsur-unsur jaring-jaring luas permukaan dan volume. Pop-up adalahsebuahkartuataubuku yang ketikadibukabisamenampilkanbentuk 3 dimensiatautimbul. Pop-up sebagai media pembelajaran matematika dapat menyajikan bangun ruang dengan bentuk 3 dimensi sehingga tidak perlu membayangkan bentuk bangun ruang serta mengatasi keterbatasan contoh nyata bangun ruang dilingkungan sekolah. Penelitianinibertujuanuntukmerancangdanmengembangkan media pembelajaranmatematikauntuksiswakelas VIIIberupa media pop-up materibangunruangsisidatar (kubus balok prismadanlimas).Media pop-uptersebutterdiridari 13 buku. Buku 1 memuat standar kompetensi kompetensi dasar tujuan pembelajaran dan peta konsep bangun ruang sisi datar buku 2 3 8 dan 9 memuat pengertian dan gambar dua dimensi unsur-unsur bangun ruang sisi datar buku 4 5 10 dan 11 memuat perintah pertanyaan dan jaring-jaring bangun ruang sisi datar. Sedangkan buku 6 7 12 dan 13 memuat perintah pertanyaan dan bangun ruang. Model penelitian yang digunakanyaitu model penelitiandanpengembangan yang merupakanpenyederanaanmodel 4-D yang dikembangkanolehThiagarajan.Model penelitiandanpengembangan yang digunakanterdiridari 3tahapyaitu pendefinisian (Define) perancangan (Design) danpengembangan (Develop).Tahap ke-4 yaitupenyebaran (disseminate)tidakdilaksanakankarenaketerbatasanwaktudanbiayasertadisesuaikandengankebutuhanpengembangan media pembelajaran. Proses pembelajaran menggunakan media pop-up yaitu siswa berdiskusi kelompok mengenai pengertian istilah dan penemuan konsep bangun ruang sisi datar. Setelah siswa selesai berdiskusi kelompok guru memimpin diskusi kelas dalam diskusi ini guru mengarahkan siswa untuk menarik kesimpulan dan yang terakhir siswa mengerjakan latihan soal yang ada pada buku paket. Berdasarkanhasilvalidasidaridua validatoryaitudosenmatematikadan guru SMP N 1 Pakisajididapatkantigkatkevalidan3 5dengankriteriakevalidan valid danketerangantidakrevisi. Kemudianprodukhasilpengembangan di ujicobakankepada 5 orang siswakelasVIIIB SMP N 1 Pakisaji. Berdasarkan saran darisiswasebagaipenggunamedia makaprodukpengembangandirevisi. Produkhasilrevisikemudiandiujicobakankepada 20 siswakelas VIIIA SMP N 1 Pakisaji. Dariujicobaini diperolehnilaitesbangunruangsisidatar untuk keefektifan media pengembangandannilaikepratisan mediapengembangan.Dari ujicobakepraktisanmediapengembangandidapatkan tingkat kepraktisan3 215. Kriteriakepraktisanuntuk 3 215 adalahtinggidenganketerangantidakrevisi.Sedangkandarihasiltes 16 siswa (80% siswa)berhasilmencapai KKM (70).Berarti persentasekeefektifanmedia pengembangan adalah 80%dengan kata lain media pop-up dikatakansangatefektif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15958

Actions (login required)

View Item View Item