Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi pada materi lingkaran kelas VIII MTs/SMP / Akhmad Hafieds Luqman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi pada materi lingkaran kelas VIII MTs/SMP / Akhmad Hafieds Luqman

Luqman, Akhmad Hafieds (2015) Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi pada materi lingkaran kelas VIII MTs/SMP / Akhmad Hafieds Luqman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Luqman Hafiedz A. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi pada Materi Lingkaran Kelas VIII MTS/SMP. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Susy K Andaini M.Kom. Kata Kunci media pembelajaran animasi lingkaran Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa sebagian siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Balung mengalami kesulitan dalam memahami materi lingkaran dengan waktu yang terbatas. Sehingga dalam hal ini peneliti ingin mencarikan solusi masalah tersebut dengan mengembangkan sebuah media yang dapat membantu siswa belajar secara efektif dan mandiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah langkah-langkah dan hasil pengembangan media pembelajaran berbasis animasi terhadap materi lingkaran kelas VIII SMP/MTs . Adapun media pembelajaran yang akan dikembangkan berdasar pada prinsip (1) efektifitas dan efisiensi (2) relevansi dan (3) produktivitas. Model media pembelajaran yang dipilih dan akan dikembangkan berupa media animasi yang didukung perangkat lunak Swishmax V.04 sebagai program creator-nya. Prosedur pengembangan akan melalui beberapa tahapan berikut (1) pengkajian materi perangkat media dan pengkajian pengguna media (2) pembuatan sketsa media (3) pengumpulan obyek rancangan (meliputi pembuatan teks koleksi teks materi yang akan disampaikan pembuatan grafis pengambilan gambar pengumpulan suara pembuatan animasi) (4) pembuatan desain tampilan (5) pembuatan demo media (6) pengujian (meliputi uji materi uji media dan uji pengguna) (7) evaluasi/revisi dan (8) hasil. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa uji coba kelayakan pengembangan media pada tahap pertama memiliki rata-rata 3 13 dari segi materi dan dan 3 85 dari segi media pada tahap kedua memiliki rata-rata 3 70 secara keseluruhan memiliki rata-rata nilai 3 56. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk membantu siswa dan guru pada proses pembelajaran. Penggunaan media ini dalam pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan kondisi sekolah/madrasah yang ada selanjutnya perlu ada penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran ini dalam pembelajaran sesungguhnya di sekolah maupun madrasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15953

Actions (login required)

View Item View Item