Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan kontekstual pada materi perbandingan kelas VIII / Banika Agustin Jumansah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan kontekstual pada materi perbandingan kelas VIII / Banika Agustin Jumansah

Jumansah, Banika Agustin (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan kontekstual pada materi perbandingan kelas VIII / Banika Agustin Jumansah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jumansah Banika Agustin. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Kontekstual pada Materi Perbandingan Kelas VIII. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lathiful Anwar S.Si M.Sc. Kata Kunci perangkat pembelajaran kontekstual perbandingan Dalam pembelajaran matematika guru diharapkan dapat mengimplementasikan perangkat pembelajaran sesuai dengan karakter dan kebutuhan siswa. Untuk alasan tersebut guru sebagai perencana dan pengorganisir proses pembelajaran diharapkan mampu mengembangkan perangkat pembelajaran yang mendukung siswa mengonstruksi pengetahuannya. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa dapat menyelesaikan permasalahan perbandingan dengan benar secara prosedural saat materi tersebut baru dipelajari tapi ketika siswa ditanyakan tentang konsep konsep perbandingan siswa masih kebingungan. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pembelajaran matematika kontekstual dapat mendukung pemahaman siswa terhadap materi atau konsep yang dipelajari. Oleh karena itu peneliti bermaksud mengembangkan perangkat pembelajaran bercirikan kontekstual pada materi perbandingan kelas VIII. Perangkat pembelajaran bercirikan kontekstual adalah perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang memuat komponen-komponen dari pembelajaran kontekstual. Komponen tersebut adalah konstruktivisme menemukan bertanya masyarakat belajar pemodelan refleksi dan penilaian sebenarnya. Tujuan pengembangan yang dilakukan adalah menghasilkan perangkat pembelajaran materi perbandingan bercirikan kontekstual yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yaitu pengembangan perangkat pembelajaran materi perbandingan berciri kontekstual menurut model pengembangan Plomp (Hobri 2010 17).Tahapan model pengembangan Plomp terdiri atas (1) tahap investigasi awal (2) tahap desain (3) tahap realisasi/konstruksi dan tahap (4) tahap tes evaluasi dan revisi. Terdapat tiga kali uji terhadap produk yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu (1) uji kevalidan (2) uji kepraktisan (3) uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua orang validator yang terdiri dari satu orang dosen matematika dan satu orang praktisi. Sedangkan uji kepraktisan dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru yang diisi oleh dua observer yaitu satu orang praktisi dan satu orang observer. Uji keefektifan dilakukan dengan mengunakan lembar obsrvasi kegiatan siswa angket respon siswa dan tes yang dilakukan pada 24 orang siswa kelas VIII sebagai subjek uji coba. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) skor kevalidan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 58 dan 3 5 dengan kriteria valid (2) skor kepraktisan berdasarkan hasil lembar observasi kegiatan siswa adalah 3 7 dengan kriteria praktis dan (3) uji keefektifan dinyatakan efektif yang ditunjukkan dengan hasil lembar observasi kegiatan siswa dengan skor 3 6 dengan kriteria

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15952

Actions (login required)

View Item View Item