Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Pedidikan Matematika realistik pada materi keliling dan luas lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII / Arya Gustu Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Pedidikan Matematika realistik pada materi keliling dan luas lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII / Arya Gustu Pradana

Pradana, Arya Gustu (2015) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Pedidikan Matematika realistik pada materi keliling dan luas lingkaran untuk siswa SMP kelas VIII / Arya Gustu Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pradana Arya Gustu. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa berbasis Pendidikan Matematika Realistik pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran untuk siswa SMP Kelas VIII. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. M. Shohibul Kahfi M.Pd. Kata Kunci lembar kegiatan siswa pendidikan matematika realistik keliling dan luas lingkaran. Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Faktanya dari hasil tes TIMSS 2011 dan PISA 2012 hasil belajar matematika siswa Indonesia tergolong rendah. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran matematika itu tidak bermakna bagi kebanyakan siswa. Pendidikan matematika realistik merupakan suatu bentuk pendekatan yang menekankan terhadap kebermaknaan ilmu pengetahuan. Untuk itu diperlukan perangkat pembelajaran yang berbasis pendidikan matematika realistik dalam hal ini yang dimaksud adalah lembar kegiatan siswa yang berbasis pendidikan matematika realistik. Lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis pendidikan matematika realistik memuat aktivitas serta masalah-masalah yang disesuaikan dengan karakteristik pendidikan matematika realistik. Tujuan pengembangan yang dilakukan adalah menghasilkan LKS materi keliling dan luas lingkaran berbasis pendidikan matematika realistik yang valid dan efektif. Model pengembangan sebagian besar mengacu pada model pengembangan Plomp. Adapun tahapan model pengembangan Plomp dalam Hobri (2010 17) terdiri atas (1) fase investigasi awal (2) fase desain (3) fase realisasi/konstruksi (4) fase tes evaluasi dan revisi dan (5) fase implementasi. Dalam penyusunan LKS ini hanya dilaksanakan sampai tahap empat. Pada penelitian ini dilakukan dua uji terhadap kualitas produk pengembangan yaitu (1) uji kevalidan (2) uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yang terdiri dari satu orang dosen matematika dan satu orang praktisi. Sedangkan uji keefektifan dilakukan dengan melakukan uji coba produk pada 14 siswa kelas VIII sebagai subjek uji coba. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) skor kevalidan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 53 dan 3 42 dan (2) persentase siswa yang mendapatkan nilai di atas SKM adalah 85 7 % yang ditunjukkan dengan subjek uji coba memperoleh nilai akhir materi keliling dan luas lingkaran lebih dari atau sama dengan 75. Dengan demikian LKS berbasis pendidikan matematika realistik materi keliling dan luas lingkaran yang dihasilkan memenuhi kriteria valid dan efektif. Meskipun telah memenuhi kriteria valid dan efektif revisi tetap dilakukan berdasarkan saran dari validator dan hasil uji coba demi penyempurnaan produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15950

Actions (login required)

View Item View Item