Pengembangan lembar kerja kegiatan siswa berbasis pendekatan saintifik pada materi perbandingan SMP kelas VII / Rochmatul Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja kegiatan siswa berbasis pendekatan saintifik pada materi perbandingan SMP kelas VII / Rochmatul Rosyidah

Rosyidah, Rochmatul (2015) Pengembangan lembar kerja kegiatan siswa berbasis pendekatan saintifik pada materi perbandingan SMP kelas VII / Rochmatul Rosyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyidah Rochmatul. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Perbandingan SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Aning Wida Yanti S.Si M.Pd. Kata Kunci Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Pendekatan Saintifik Perbandingan Latar belakang penelitian ini tentang ketidaksesuaian materi perbandingan pada buku siswa dengan silabus Kurikulum 2013 dan penggunaan LKS di sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 sebagai evaluasi bukan sebagai penemuan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada materi perbandingan SMP kelas VII yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu (1) tahap pendefinisian (define) (2) tahap perancangan (design) dan (3) tahap pengembangan (develop). Untuk menguji kevalidan dan kepraktisan dari lembar kegiatan siswa yang dikembangkan dilakukan validasi dan uji coba produk. Hasil validasi berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yang diperoleh pada validasi meliputi aspek kelayakan isi kesesuaian LKS dengan pendekatan saintifik kebahasaan dan tampilan secara berturut-turut yaitu 3 41 3 4 3 5 dan 3 5. Secara keseluruhan diperoleh tingkat kevalidan LKS yang dikembangkan yaitu 3 45. Sedangkan data kualitatif yang diperoleh berupa komentar dan saran validator yaitu perlunya penguasaan materi bagi pengembang. sehingga LKS yang dikembangkan dikatakan valid dan tidak perlu revisi. Berdasarkan hasil uji coba produk diperoleh data kuantitatif pada tingkat kepraktisan LKS yang dikembangkan yaitu 3 23. Sedangkan data kualitatif yang diperoleh berupa komentar dan saran subjek uji coba yaitu 3 subjek uji coba yang memberikan komentar positif dan 3 subjek uji coba yang lain memberikan saran tentang penggunaan LKS. Sehingga LKS yang dikembangkan memiliki tingkat kepraktisan tinggi. Lembar kegiatan siswa yang dikembangkan memiliki kelebihan antara lain aktivitas pada LKS memuat aktivitas pada pendekatan saintifik yang sesuai dengan Kurikulum 2013 LKS yang dikembangkan merupakan LKS yang membantu siswa menemukan konsep perbandingan LKS yang dikembangkan memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan gagasan dengan bahasa sendiri dan penggunaan LKS berbasis pendekatan saintifik dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa. Adapun kekurangannya antara lain LKS yang dikembangkan hanya sebatas pada materi perbandingan dan uji coba LKS hanya sebatas pada uji coba kelompok kecil yang terdiri dari enam siswa SMP kelas VII sehingga belum diketahui tingkat kepraktisannya secara luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15942

Actions (login required)

View Item View Item