Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan linier dua variabel untuk siswa kelas VIII SMP / Friday Zaidatun N. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan linier dua variabel untuk siswa kelas VIII SMP / Friday Zaidatun N.

Ni'mah, Friday Zaidatun (2015) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan linier dua variabel untuk siswa kelas VIII SMP / Friday Zaidatun N. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ni mah Friday Zaidatun. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel untuk Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Erry Hidayanto M.Si. Kata kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) penemuan terbimbing persamaan linier dua variabel Matematika merupakan salah satu cabang dari ilmu pengetahuan alam yang merupakan ilmu dasar dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir di setiap jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas para siswanya berasumsi bahwa Matematika sulit. Apabila terjadi kesulitan pada siswa untuk menguasai materi maka akan menghambat tercapainya tujuan pembelajaran matematika. Oleh karena itu diperlukan sumber belajar yang inspiratif relevan dan memacu aktivitas belajar siswa seperti LKS (Lembar Kerja Siswa). Untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran dengan meningkatkan keaktifan siswa maka digunakan metode penemuan terbimbing. Oleh karena itu peneliti mengembangkan LKS berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan linier dua variabel untuk siswa kelas VIII SMP. LKS dengan metode penemuan terbimbing menuntut siswa mampu berfikir secara aktif dalam proses pembelajaran memberikan kesempatan pada siswa untuk menyusun memproses mengorganisasikan suatu data yang diberikan guru. Tujuan pengembangan yang dilakukan adalah menghasilkan LKS materi persamaan linier dua variabel yang berbasis penemuan terbimbing yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan mengacu pada model pengembangan Plomp dalam Hobri (2010 17) terdiri atas (1) tahap investigasi awal (2) tahap desain (3) tahap realisasi/konstruksi dan (4) tahap tes evaluasi dan revisi. Dalam penelitian ini dilakukan tiga uji terhadap kualitas produk pengembangan yang terdiri atas uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari satu orang dosen matematika dan dua orang praktisi. Sedangkan uji kepraktisan dan uji keefektifan dilakukan dengan melakukan uji coba produk pada 10 orang siswa kelas VIII sebagai subjek uji coba. Berdasarkan hasil uji kevalidan kepraktisan dan keefektifan yang dibahas pada Bab IV LKS berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan linier dua variabel untuk kelas VIII SMP dinyatakan valid dengan skor kevalidan RPP 3.8 skor kevalidan LKS adalah 3.7 skor kevalidan soal uji kompetensi adalah 4.05 dan skor kevalidan angket respon siswa adalah 3.5. LKS yang dikembangkan juga memenuhi kriteria praktis karena semua siswa yang menjadi subjek uji coba memberikan respon positif terhadap LKS yang dikembangkan. Disamping itu LKS yang dikembangkan juga memenuhi kriteria efektif dengan persentase siswa yang mendapatkan nilai di atas SKM adalah 90%. Dengan demikian LKS yang dihasilkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15940

Actions (login required)

View Item View Item