Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematis pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Malang / Sri Ayundari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematis pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Malang / Sri Ayundari

Sri, Ayundari (2015) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematis pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Malang / Sri Ayundari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ayundari Sri. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Yang Dapat Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa Kelas VIII-B Smp Negeri 2 Malang. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eddy Budiono M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Berpikir Kritis Berdasarkan observasi awal dan wawancara kepada guru pengajar matematika kelas VIII-B SMP Negeri 2 Malang diketahui bahwa siswa kelas VIII-B cenderung kurang dalam berpikir kritis hal ini terlihat dari setiap kali guru selesai menyampaikan materi siswa yang aktif menanggapi hanya 10% dari jumlah siswa secara keseluruhan. Mereka juga enggan untuk berpendapat dan bertanya apabila mereka belum paham dengan materi yang disampaikan. Siswa kurang aktif dalam mengembangkan kemampuan berpikirnya hal ini mengakibatkan keterampilan berpikir kritis siswa tidak dapat berkembang secara optimal. Penelitian ini dimaksudkan mendeskripsikan tentang langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data kualitatif yang berupa hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi dan hasil catatan lapangan sedangkan data kuantitatif yang diperoleh berupa skor keterampilan berpikir kritis dan hasil rata-rata nilai kuis. Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan bahwa diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sehingga pada penelitian ini menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Adapun langkah-langkahnya yaitu menyepakati topik dan berkelompok menyepakati tugas yang akan dipelajari investigasi persiapan laporan akhir presentasi laporan akhir evaluasi. Penelitian berjalan dalam dua siklus dengan empat pertemuan. Data penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa meningkat. Hal ini dikarenakan adanya tindakan guru yang dapat memunculkan gejala keterampilan berpikir kritis pada siswa yaitu sebelum melaksakan diskusi guru menayangkan permasalahan dan jawaban pada tayangan slide dan memberikan kesempatan pada siswa untuk menganalisa permasalahan dan jawaban tersebut lalu tindakan guru selanjutnya dengan memberikan permasalahan lain yang dapat memunculkan gejala berpikir kritis siswa yang termuat dalam LKS tindakan tersebut berada pada tahap 3 yaitu tahap investigasi. Peningkatan ini dapat dilihat dari peningkatan prosentase penilaian berpikir kritis dari siklus I yaitu 26% dan pada siklus II yaitu 74%. Serta data lain yang mendukung yaitu rata-rata nilai kuis yang didapat pada siklus I yaitu 26% dan pada siklus II yaitu 79% dari siswa kelas VIII-B memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. Berdasarkan skor tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII-B dalam kategori baik .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15938

Actions (login required)

View Item View Item