Aminah, Zahrotul (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII / Zahrotul Aminah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aminah Zahrotul. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Penemuan Terbimbing pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Rustanto Rahardi M.Si Kata Kunci perangkat pembelajaran model penemuan terbimbing bangun ruang sisi datar Pelaksanaan pembelajaran pada Kurikulum 2013 menuntut guru untuk melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model penemuan terbimbing. Di sisi lain berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika kelas VIII SMP Negeri di kota Malang ditemukan bahwa salah satu materi pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa adalah materi bangun ruang sisi datar. Oleh karena itu pengembang bermaksud mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII. Perangkat pembelajaran dengan model penemuan terbimbing adalah perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dirancang agar siswa terlibat secara aktif dalam menemukan sendiri konsep dan pengetahuan baru tentang materi yang dipelajari dengan bimbingan dan petunjuk yang mengarahkan dari guru. Tujuan pengembangan yang dilakukan adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri atas (1) tahap investigasi awal (2) tahap desain (3) tahap realisasi/konstruksi dan (4) tahap tes evaluasi dan revisi. Dalam pengembangan ini dilakukan tiga uji terhadap kualitas produk pengembangan yaitu uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari satu orang dosen matematika dan dua orang praktisi. Sedangkan uji kepraktisan dan uji keefektifan dilakukan dengan melakukan uji coba produk pada 30 orang siswa kelas VIII sebagai subjek uji coba yang diamati oleh satu orang praktisi dan dua orang observer. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) skor kevalidan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 65 dan 3 69 (2) skor kepraktisan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 73 dan 3 52 dan (3) persentase siswa yang mendapatkan nilai di atas SKM yakni 75 pada KD 3.9 adalah 93 33%. Dengan demikian perangkat pembelajaran dengan model penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar yang dihasilkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Meskipun perangkat pembelajaran telah dinyatakan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif revisi berdasarkan komentar atau saran dari validator dan hasil ujicoba tetap dilakukan demi penyempurnaan produk yang dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15935 |
Actions (login required)
View Item |