Enhancing EFL high school students' reading comprehension through the application of reciprocal instructional method / Gunawan Mansur - Repositori Universitas Negeri Malang

Enhancing EFL high school students' reading comprehension through the application of reciprocal instructional method / Gunawan Mansur

Mansur, Gunawan (2020) Enhancing EFL high school students' reading comprehension through the application of reciprocal instructional method / Gunawan Mansur. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mansur Gunawan 2020. Meningkatkan Ketrampilan Pemahaman Bacaan Siswa SMA yang Mempelajari Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Melalui Penerapan Metode Pengajaran Reciprocal. Thesis pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi M.Pd. M.A. (II) Dra. Nunung Suryati M.Ed. Ph.D. Kata Kunci Pemahaman membaca Metode Pengajaran Reciprocal Penelitian ini didesain untuk membantu meningkatkan ketrampilan pemahaman membaca siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Rejotangan sebagai siswa yang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing melalui penerapan metode pembelajaran Reciprocal disingkat (RIM). Tujuan dari metode ini adalah pembelajaran kolaboratif yang mana siswa belajar mengambil peran yang telah diinstruksikkan oleh guru sebagai prediktor penanya kalifikator dan sebagai orang membuat rinkasan terhadap teks bacaan. Mengacu kepada hasil observasi dan hasil tes pada studi pendahulu menunjukan bahwa sebagian besar siswa masih menemukan kesulitan dalam memahami bacaan. Kesulitan tersebut berkaitan dengan terlihat kurangnya partisipasi dalam kegiatan kelompok kurang pemahaman terhadap teks bacaan kurangnya kosa kata dan kurangnya motivasi dalam belajar. Mengacu pada kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan kelompok menunjukan bahwa beberapa siswa diantarannya tidak menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh guru berdasarkan batasan waktu yang telah diberikan beberapa diantaranya kelihatan menunggu hasil kerja dari temannya dan kemudian mencatat pada lembaran kerjanya. Kuranganya pemahaman terhadap teks bacaan menunjukan bahwa beberapa diantara siswa salah menjawab beberapa pilihan jawaban sehingga kebanyakan memiliki skor nilanya rendah dari tes yang diberikan. Sementar itu kurang kosa kata menunjukan bahwa siswa kelihatan tidak memahami arti kosa kata sehingga harus mencari dalam kamus beberapa diantaranya kelihatan bingung bagaimana cara mengerjakan tugasnya dan menjadikannya kurang memahami teks bacaan tersebut. Selanjunya pada tes bacaan di studi pendahulu menunjukan bahwa tingkat pemahaman siswa pada kelas 10/4 sangat rendah dari semua kelas yang diuji yaitu 34.29%. Dari permasalahan siswa diatas peneliti fokus pada kelas tersebut untuk menginvestigasi lebih lanjut apakah penerapan metode pembelajaran Reciprocal dapat meningkatakan pemahaman bacaan siswa Kelas 10-IV SMA 1 Rejotangan sebagai siswa yang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mengatasi masaalah siswa dalam pemahaman bacaan melalui prosedur diantaranya menyiapkan kelengkapan pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) teks bacaan naratif sebagai materi pembelajaran lembaran kerja siswa item-item soal pemahaman bacaan dan mengelompokan siswa dalam 7 kelompok dengan setiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Selanjutnya penelitian ini menggunakan metode pembelajaran Reciprocal. Dalam penerapan Metode Reciprocal siswa harus mengambil peran dalam kelompok pembelajaran sebagai prediktor penanya klarifikator dan pembuat ringkasan selanjutnya siswa diminta untuk mengerjakan 3 teks naratif. Hasil analisis implementasi metode pembelajaran Reciprocal pada penelitian ini dapat mengindikasikan bahwa hasil skor pemahaman bacaan siswa dari tiga pertemuan pada penelitian ini lebih tinggi dari hasil tes pemahaman bacaan siswa pada penelitian pendahulu. Hal ini memberikan makna bahwa permasalahan siswa pada pemahaman bacaan dapat diatasi dengan mengaplikasikan metode pembelajaran Reciprocal dalam proses belajar dan pembelajaran dikelas. Maka temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa mengaplikasikan metode pembelajaran Reciprocal pada siswa SMA merupakan pelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing dapat meningkatkan ketrampilan pemahaman bacaan mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159344

Actions (login required)

View Item View Item