English language learning motivation and engagement of ELT students living away from home / Fikrunnisa Sahlan - Repositori Universitas Negeri Malang

English language learning motivation and engagement of ELT students living away from home / Fikrunnisa Sahlan

Sahlan, Fikrunnisa (2020) English language learning motivation and engagement of ELT students living away from home / Fikrunnisa Sahlan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi motivasi belajar Bahasa Inggris dan keterlibatan mahasiswa-mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang tinggal jauh dari rumah. Motivasi dan keterlibatan memiliki kontribusi terhadap hasil belajar para pembelajar. Mahasiswa yang memiliki motivasi dan keterlibatan level tinggi dapat terhindar dari putus sekolah dan bisa memperoleh hasil di bidang akademik sosial dan emosi. Di Indonesia banyak mahasiswa yang tinggal jauh dari rumah selama menempuh pendidikan di tingkat universitas. Sementara itu faktor rumah dan orang tua memiliki peran penting dalam aktivitas belajar Bahasa Inggris para pembelajar. Belajar Bahasa Inggris membutuhkan dukungan-dukungan dari orang tua tidak hanya dari dukungan keuangan tetapi juga fasilitas-fasilitas dan lingkungan yang baik untuk latihan. Karena alasan tersebut penelitian ini diadakan untuk menginvestigasi orientasi motivasi sumber-sumber motivasi dan perilaku-perilaku untuk keterlibatan mahasiswa-mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang tinggal jauh dari rumah. Penelitian ini adalah suatu studi kasus kualitatif. Dua mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Negeri Malang yang tinggal jauh dari rumah adalah subjek penelitian ini. Penelitian ini menggunakan kuesioner wawancara catatan lapangan dan dokumen sebagai instrumen-instrumen untuk pengumpulan data. Untuk menganalisis data penelitian ini melakukan proses iteratif membuat memo dan kode analisis mendalam dan membangun konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang tinggal jauh dari rumah memiliki beragam orientasi-orientasi motivasi sumber-sumber motivasi dan keterlibatan. Mahasiswa memiliki integrativeness instrumentality motivasi intrinsik peraturan introjected identifikasi dan peraturan terintegrasi dari motivasi ekstrinsik ideal L2 self ought-to L2 self dan pengalaman belajar bahasa kedua sebagai orientasi motivasi. Keluarga ketertarikan terhadap bahasa budaya komunitas tujuan dalam kelas fasilitas-fasilitas teman-teman sekelas pekerjaan dosen-dosen kemampuan kegunaan tujuan melanjutkan studi harga diri dan tujuan untuk pergi ke negara lain sebagai sumber motivasi. Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang tinggal jauh dari rumah juga menunjukkan sikap sebagai keterikatan akademik keterikatan perilaku keterikatan kognitif dan keterikatan psikologis. Sebagai kesimpulan tinggal jauh dari rumah berdampak pada keterikatan psikologis mahasiswa ke arah yang negatif seperti memiliki perasaan bersalah terhadap keluarga mereka dan cenderung memiliki ketidakpuasan terhadap fasilitas di kampus. Oleh karena itu motivasi dan dukungan dari keluarga dan teman-teman dibutuhkan. Atmosfir yang baik untuk belajar di kampus baik dari dosen-dosen fasilitas-fasilitas dan para staf juga diperlukan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mahasiswa-mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang tinggal jauh dari rumah memiliki beragam orientasi-orientasi motivasi sumber-sumber motivasi dan sikap-sikap yang menunjukkan keterlibatan. Keluarga teman-teman dekat dosen-dosen lingkungan kampus dan fasilitas-fasilitas belajar dibutuhkan untuk mendorong motivasi belajar Bahasa Inggris dan keterlibatan belajar dari mahasiswa-mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang tinggal jauh dari rumah. Penelitian ini menyarankan kepada para peneliti yang akan datang untuk melakukan penelitian dengan melibatkan partisipan-partisipan lintas tipe tempat kediaman seperti mahasiswa-mahasiswa internasional dan mahasiswa-mahasiswa yang komuter untuk lebih memahami tentang motivasi belajar Bahasa Inggris dan keterlibatan belajar dari mahasiswa-mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang tinggal jauh dari rumah. Para peneliti yang akan datang dapat melibatkan dosen-dosen dan teman-teman sekelas dan menggunakan penelitian longitudinal karena penelitian ini dilakukan dalam periode waktu yang pendek. Sebagai tambahan para peneliti yang akan datang dapat menyertakan prestasi belajar mahasiswa untuk lebih menyelidiki tentang motivasi belajar Bahasa Inggris dan keterikatan belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159343

Actions (login required)

View Item View Item