pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara bagi mahasiswa bipa 5 untuk pembelajaran daring / ivena violensia - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara bagi mahasiswa bipa 5 untuk pembelajaran daring / ivena violensia

Violensia, Ivena Violensia (2021) pengembangan bahan ajar keterampilan berbicara bagi mahasiswa bipa 5 untuk pembelajaran daring / ivena violensia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Violensia Ivena. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara bagi Mahasiswa BIPA 5 untuk Pembelajaran Daring. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Kata Kunci bahan ajar keterampilian berbicara BIPA 5 pembelajaran daring. Pembelajaran daring harus dilakukan akibat terjadinya pandemi Covid-19. Pembelajaran daring juga dilakukan pada pembelajaran BIPA sehingga diperlukan bahan ajar daring yang sesuai. Bahan ajar merupakan hal penting yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran BIPA sehingga perlu ada pengembangan bahan ajar. Bahan ajar daring tentu memiliki perbedaan dengan bahan ajar luring sehingga memerlukan pengembangan lebih lanjut. Pengembangan bahan ajar ini dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan dan analisis kurikulum agar menciptakan bahan aja yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pembelajar BIPA. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar dan mendeskripsikan kelayakan bahan ajar berbicara bagi mahasiswa BIPA 5 untuk pembelajaran daring. Bahan ajar bahasa kedua perlu mendukung perkembangan kognitif afektif dan psikomotorik pembelajar. Bahan ajar bahasa kedua harus berfokus pada pembelajar dengan cara memberikan drilling berupa latihan-latihan berbahasa yang dilakukan secara berulang-ulang. Keterampilan yang dimunculkan dalam bahan ajar harus bisa dipraktikkan secara produktif dan dengan intensitas latihan yang lebih sering. Pembelajaran sinkron merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan siswa dalam waktu yang bersamaan sehingga memungkinkan pembelajaran langsung berpusat pada pengajar. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Validator dalam pengembangan ini adalah satu ahli materi dua praktisi BIPA dan dua orang mahasiswa BIPA 5. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan validasi ahli materi dan praktisi BIPA bahan ajar yang dihasilkan adalah produk bahan ajar yang layak dan dapat diujicobakan kepada mahasiswa BIPA. Produk bahan ajar ini memiliki empat keunggulan yaitu (1) memiliki cukup latihan berbicara yang dapat digunakan pada masing-masing unitnya. (2) didesain sederhana dalam bentuk Google Slide (3) sesuai untuk pembelajaran sinkron secara daring dan (4) mampu meningkatkan motivasi siswa dalam berbicara tanpa menambah beban tugas untuk mahasiswa BIPA. Berdasarkan ahli materi dan praktisi BIPA bahan ajar ini memperoleh hasil yang cukup valid. Sementara itu seluruh unit pada bahan ajar yang diujicobakan kepada mahasiswa BIPA memperoleh kriteria sangat valid berdasarkan angket respon mahasiswa. Dengan demikian berdasarkan penilaian mahasiswa bahan ajar ini baik dan sesuai untuk pembelajaran daring keterampilan berbicara BIPA 5.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159325

Actions (login required)

View Item View Item