pengembangan bahan ajar menulis teks cerita fantasi bermuatan kearifan lokal jawa timur untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas vii smp / septyowati lulus saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan bahan ajar menulis teks cerita fantasi bermuatan kearifan lokal jawa timur untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas vii smp / septyowati lulus saputri

Saputri, Septyowati Lulus Saputri (2021) pengembangan bahan ajar menulis teks cerita fantasi bermuatan kearifan lokal jawa timur untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas vii smp / septyowati lulus saputri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahan ajar merupakan komponen pembelajaran yang dibutuhkan dalam pembelajaran untuk memaksimalkan penguasaan materi dan menumbuhkan kreativitas siswa. Bahan ajar yang baik menentukan keberhasilan pembelajaran. Pada pembelajaran bahasa siswa diarahkan untuk menguasai empat keterampilan bahasa yaitu membaca menulis mendengarkan dan berbicara. Menulis merupakan keterampilan tingkat tinggi pada keterampilan bahasa. Menulis teks cerita fantasi tergolong hal baru dalam pembelajaran bahasa Indonesia tingkat sekolah menengah sehingga penelitian lanjutan mengenai menulis teks cerita fantasi belum banyak ditemukan. Pengembangan bahan ajar ini bermuatan kearifan lokal. Kearifan lokal dapat dimanfaatkan sebagai sumber ide cerita fantasi karena dapat memunculkan imajinasi dari cerita atau peristiwa budaya di Jawa Timur. Bahan ajar bermuatan kearifan lokal diharapkan dapat menumbuhkan kreativitas siswa dalam menulis teks cerita fantasi. Tujuan khusus penelitian adalah menghasilkan bahan ajar menulis teks cerita fantasi bermuatan budaya lokal yang valid efektif serta dapat menstimulasi kreativitas siswa yang dibuktikan dengan uji efektifitas. sejalan dengan tujuan tersebut desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Prosedur penelitian ini menggunakan modifikasi prosedur penelitian dan pengembangan Borg amp Gall. Hal tersebut disebabkan oleh keterbatasan waktu dan perizinan di lapangan. Langkah-langkah yang akan dilakukan dimodifikasi menjadi tujuh langkah yaitu (1) research and information collection atau melakukan penelitian dan pengumpulan informasi yang didahului dengan penelitian awal terkait dengan produk pendidikan yang akan dikembangkan (2) planning atau perencanaan (3) develop preliminary form of product atau mengembangkan bentuk awal produk (4) preliminary field testingatau melakukan uji produk awal (5) main product revision atau melakukan revisi produk (6) main field testing atau melakukan uji lapangan dan (7) operational product revision atau melakukan revisi produk. Data penelitian ini terdiri dari dua yakni data verbal dan data nonverbal. Data verbal diperoleh melalui catatan komentar kritik saran dan hasil wawancara yang disampaikan oleh subjek penelitian. Data nonverbal berupa skor diperoleh dari hasil uji ahli uji praktisi dan uji efektivitas bahan ajar. Instrumen pengumpul data verbal berupa pedoman wawancara kuesioner dan pedoman observasi. Instrumen pengumpul data nonverbal berupa angket dan soal tes. Analisis data verbal dilakukan dengan menghimpun menyeleksi mengklasifikasi menganalisis dan merumuskan simpulan sebagai dasar revisi produk. Analisis data nonverbal berupa hasil validitas produk dilakukan dengan analisis nelai rerata sedangkan data nonverbal tentang efektivitas bahan ajar dianalisis dengan uji-t melalui program SPSS. Hasil uji kelayakan bahan ajar dari ahli pembelajaran menulis sastra ahli bahan ajar dan praktisi diperoleh hasil kelayakan isi buku siswa sebesar 83% kelayakan penyajian buku siswa sebesar 79% dan kelayakan bahasa buku siswa sebesar 83%. Rata-rata hasil uji kelayakan produk adalah 82%. Hasil uji efektifitas diketahui nilai t -14 433 sedangkan probabilitas uji beda menunjukkan angka 0 000. Hal tersebut berarti probabilitas yang dihasilkan berada di bawah ketetapan probabilitas penelitian ilmu sebesar 0 05. Jadi dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai menulis cerita fantasi siswa sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Terdapat dua simpulan berdasarkan penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan. Pertama berdasarkan rata-rata hasil uji kelayakan yang telah dilakukan diperoleh skor 82%. Skor tersebut masuk dalam katagori layak implementasi. Kedua berdasarkan probabilitas uji beda yang menunjukkan angka 0 000 maka terdapat signifikansi nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan buku. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Menulis Cerita Fantasi Bermuatan Kearifan Lokal Jawa Timur layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159323

Actions (login required)

View Item View Item