Pengembangan lembar kerja siswa berbasis model quantum learning untuk materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa SMP kelas VIII / Satrio Hadi Wijoyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa berbasis model quantum learning untuk materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa SMP kelas VIII / Satrio Hadi Wijoyo

Wijoyo, Satrio Hadi (2015) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis model quantum learning untuk materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa SMP kelas VIII / Satrio Hadi Wijoyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijoyo Satrio Hadi. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Quantum Teaching untuk Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Aning Wida Yanti S.Si M.Pd. Kata Kunci Lembar Kerja Siswa Quantum Teaching Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ketersediaan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika untuk siswa SMP yang beredar saat ini sebagian besar hanya berisi ringkasan materi contoh soal dan kemudian soal sehingga siswa cenderung menghafal dan tidak membangun suatu konsep. Oleh karena itu perlu dikembangkan LKS yang berkualitas dengan suatu pendekatan tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan bahan ajar yaitu Lembar Kerja Siswa berbasis model Quantum Teaching yang valid praktis dan efektif sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu 1) tahap investigasi awal 2) tahap perancangan 3) tahap realisasi 4) tahap tes evaluasi dan revisi dan 5) tahap implementasi. Berdasarkan hasil uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan yang diuraikan pada Bab IV secara keseluruhan produk LKS yang dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif berdasarkan penilaian validator dan uji coba kelompok kecil. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria baik. Diharapkan bagi pengembang yang lain untuk mengembangkan LKS untuk pembelajaran yang berbasis model Quatum Teaching pada materi lain. Selain itu diharapkan pula untuk mengujicobakan LKS yang dikembangkan pada kelompok yang lebih besar dengan menerapkan kerangka pembelajaran model Quantum Teaching.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15932

Actions (login required)

View Item View Item