Puspitasari, Diah Ayu Puspitasari (2021) pengembangan tes menyimak daring untuk pelajar bipa tingkat pemula / diah ayu puspitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tes menyimak memiliki peranan yang penting dalam penyelenggaraan program pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Melalui penyelenggaraan tes menyimak dapat diperoleh informasi yang berguna untuk melakukan identifikasi kesesuaian bahan pengajaran metode pengajaran dan kesulitan siswa dalam belajar menyimak yang tercermin pada nilai yang dicapai dan kajian terhadap tingkat dan jenis kesalahan yang dibuat oleh peserta tes. Aspek keterampilan menyimak dijadikan fokus dalam pengembangan ini karena menyimak merupakan aspek keterampilan berbahasa yang perlu dikuasai lebih awal. Apabila pelajar mengalami masalah dalam pembelajaran menyimak dan hal tersebut tidak teridentifikasi dengan baik maka keterampilan berbahasa yang lain juga akan terganggu. Tes yang dikembangkan dalam penelitian ini dikemas dalam bentuk website agar lebih praktis baik dari segi penyekoran maupun daya jangkau tes ke berbagai negara. Dengan demikian peserta tes dari luar negeri dapat mengikuti tes tanpa harus datang langsung ke lembaga tes di Indonesia. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan tes menyimak daring untuk pelajar BIPA tingkat pemula dan mendeskripsikan kelayakan tes menyimak daring untuk pelajar BIPA tingkat pemula. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah Research Development Research (RDR). Ada pun langkah-langkahnya dibagi dalam empat langkah utama yaitu (1) kegiatan penelitian (2) kegiatan pengembangan produk dan (3) kegiatan uji produk dan (4) distribusi produk. Pertama kegiatan penelitian meliputi kegiatan analisis kebutuhan dan mengumpulkan bahan pengembangan. Kedua kegiatan pengembangan produk meliputi kegiatan menyusun rancangan produk mengonsultasikan rancangan produk dan mengembangkan produk. Ketiga kegiatan uji produk meliputi kegiatan validasi kepada ahli instrumen ahli BIPA ahli pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis IT dan praktisi BIPA uji lapangan kepada pelajar BIPA tingkat pemula dan revisi produk. Keempat kegiatan distribusi dilakukan dengan menyebarkan produk melalui laporan hasil penelitian dan publikasi serta dengan implementasi berupa pengaktifan website tes. Hasil akhir produk yang dikembangkan melalui penelitian pengembangan ini adalah 40 butir soal menyimak dengan kisi-kisi yang mencakup 10 capaian hasil belajar menyimak yang harus dikuasai oleh pelajar BIPA tingkat pemula. Kesepuluh capaian hasil belajar menyimak tersebut diambil dari SKL BIPA yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2017. Terdapat sepuluh aspek yang divalidasi dari produk yang dikembangkan. Kesepuluh aspek tersebut adalah (1) kesesuaian dengan SKL BIPA (persentase nilai hasil uji 90%) dapat dikategorikan sangat layak dan siap diimplementasikan (2) kesesuaian soal dengan indikator (persentase nilai hasil uji 80%) tergolong layak dan siap diimplementasikan (3) perumusan butir soal tes (persentase nilai hasil uji 80%) tergolong layak dan siap diimplementasikan (4) konten audio simakan (persentase nilai uji 90%) dapat dikategorikan sangat layak dan siap diimplementasikan (5) kemudahan pedoman penyekoran (persentase nilai uji 80%) masuk kategori layak dan siap diimplementasikan (6) penyajian butir soal (persentase nilai uji 68%) termasuk kategori layak dan siap diimplementasikan (7) karakteristik tes (persentase nilai uji 85%) termasuk sangat layak dan siap diimplementasikan (8) keefektifan fungsi website tes (persentase nilai uji 80%) tergolong layak dan siap diimplementasikan (9) desain website tes (persentase nilai uji 85%) dapat dikategorikan sangat layak dan siap diimplementasikan dan (10) fitur website tes (persentase nilai uji 68%) dapat dikategorikan layak dan siap diimplementasikan. Reliabilitas dari produk tes dalam penelitian dan pengembangan ini diketahui berdasarkan hasil perhitungan reliabilitas pada hasil uji coba menggunakan rumus spearman brown prophecy. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus spearman brown diperoleh angka reliabilitas tes yang dikembangkan adalah 0 89. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tes menyimak daring untuk pelajar BIPA tingkat pemula dalam penelitian dan pengembangan ini memiliki tingkat reliabilitas yang baik dan dapat menghasilkan hasil pengukuran yang ajeg pada kelompok yang sama meski diujikan oleh orang yang berbeda. Saran mengarah kepada pengguna produk dan peneliti selanjutnya. Pengguna produk yang dimaksudkan adalah calon peserta tes dan penyelenggara program yang menggunakan tes dalam website ini sebagai alat evaluasi. Sebelum mengikuti tes secara daring melalui website ini calon peserta disarankan untuk membaca dan memahami terlebih dahulu petunjuk pelaksanaan tes. Bagi penyelenggara program yang memanfaatkan tes yang dikembangkan dalam penelitian ini disarankan memberikan bimbingan kepada pelajar yang akan mengikuti tes untuk memahami petunjuk mengikuti tes daring. Ada pun saran untuk peneliti selanjutnya adalah menjadikan hasil penelitian dan pengembangan ini sebagai pijakan untuk melakukan penelitian sejenis atau pengembangan produk lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/159318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |