Pengembangan kamus tematik bahasa indonesia untuk pelajar bipa level pemula berbasis website / ALVI Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kamus tematik bahasa indonesia untuk pelajar bipa level pemula berbasis website / ALVI Nurhayati

Nurhayati, Alvi Nurhayati (2021) Pengembangan kamus tematik bahasa indonesia untuk pelajar bipa level pemula berbasis website / ALVI Nurhayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kamus tematik memiliki peran penting guna mempermudah proses belajar bahasa indonesia bagi pelajar BIPA level pemula. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan kamus tematik bahasa Indonesia untuk pelajar BIPA level pemula berbasis website. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk kamus tematik bahasa Indonesia untuk pelajar BIPA level pemula dan (2) menguji kevalidan dan keterpakaian kamus tematik untuk pelajar BIPA level pemula. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (1) define (penetapan) (2) desain (perancangan) (3) development (pegembangan) (4) disseminate (penyebaran). Sumber data berasal dari buku Sahabatku Indonesia A1 dan A2 hasil analisis kebutuhan dan jurnal mahasiswa yang didapat dari kelas Darmasiswa dan ISS UM 2019/2020. Subjek penelitian terbagi menjadi dua meliputi subjek validasi dan subjek ujicoba. Subjek validasi merupakan validator yang terdiri dari validator ahli BIPA dan validator ahli media. Subjek ujicoba adalah Mahasiswa Darmasiswa UM dan ISS UM periode 2020/2021. Pengumpulan data dan teknik analisis data disesuaikan dengan metode leksikografi yang dihubungkan dengan teori linguistik. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kuisioner tertulis atau pengisian angket dan pengamatan. Kuisioner digunakan sebagai wahana untuk analisis kebutuhan dilakukan dengan cara diberikan kepada pelajar BIPA level pemula program Darmasiswa dan ISS UM 2019. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif dengan cara mentranskrip hasil validasi dan ujicoba produk berupa komentar dan saran sedangkan teknik analisis kuantitatif dilakukan dengan cara menghitung validitas skor hasil validasi dan ujicoba produk. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa Kamus tematik pelajar BIPA level pemula. Kamus tematik disajikan dalam bentuk website dengan alamat URL http //kamustematikbahasaindonesia.great-site.net. Kamus tematik untuk pelajar BIPA level pemula ini terdiri dari 19 tema 5 lema kamus dan menu keterpakaian kamus. Lema tersebut yaitu (1) gambar (2) kosakata sumber (3) jenis kata (4) contoh kalimat (5) pelafalan kosakata dan pelafalan contoh kalimat. Kosakata yang dipilih dalam kamus adalah kosakata yang sering dipakai dan kontekstual. Artinya kosakata dalam kamus adalah kosakata yang digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Terjemahan berupa terjemahan dalam bahasa indonesia karena kamus tematik ini digolongkan sebagai kamus monolingual. Contoh kalimat pada kamus tematik ini adalah contoh kalimat sederhana yang berpola S-P atau S-P-O. Pelafalan kosakata dan contoh kalimat berupa audio juga disesuaikan dengan kebutuhan pelajar BIPA pemula yaitu disajikan dengan intonasi yang pelan. Kamus tematik ini berbasis website sehingga pelajar BIPA dapat mengakses kamus dalam situasi dan tempat tanpa batas waktu. Keterpakaian kamus meliputi jumlah visitor dan kata yang sering dicari. Berdasarkan jabaran tersebut pengembangan kamus tematik untuk pelajar BIPA level pemula ini bertujuan untuk memudahkan dan membantu pelajar BIPA level pemula dalam belajar bahasa Indonesia. Hasil uji validasi dan ujicoba produk menyatakan bahwa kamus tematik untuk pelajar BIPA level pemula berbasis website ini layak untuk diimplementasikan. Hasil uji validasi dan ujicoba produk berupa skor dan verbal. Uji validasi mencakup tiga komponen yaitu (1) kelayakan penyajian (2) kelayakan isi dan (3) kelayakan bahasa. Berdasarkan ketiga komponen tersebut kamus tematik untuk pelajar BIPA level pemula berbasis website mencapai persentase 87%. Ujicoba produk mencakup dua komponen yaitu (1) kelayakan isi dan (2) kelayakan media. Berdasarkan hasil ujicoba tersebut mencapai persentase 84 %. Dengan demikian kamus tematik untuk pelajar BIPA level pemula ini tergolong sangat layak dan dapat diimplementasikan untuk pelajar BIPA level pemula. Pada penyajian produk panduan penggunaan perlu disajikan dengan bahasa yang sederhana dan singkat guna kemudahan pelajar BIPA level pemula dalam menggunakan kamus. Dari segi bahasa variasi individual pelajar BIPA perlu diperhatikan sebagai pertimbangan dalam pengembangan kamus. Hal tersebut bertujuan untuk melihat keterpakaian kamus secara umum dan dapat difungsikan oleh beragam variasi pelajar BIPA level pemula. Selain itu dari segi media perlu memperhatikan tampilan sampul dan isi pemilihan warna dan resolusi gambar serta pencantuman sumber pada gambar. Keterpakaian kamus dapat dilihat dari (1) jumlah visitor (2) kata yang sering dicari (3) hasil latihan pembaca. Jumlah visitor dan kata yang sering dicari dapat dilihat di laman lain yaitu www.kamustematikbahasaindonesia. rf.gd/menumenu/admin. jumlah visitor yang berkunjung ke website kamus dan kata yang sering dicari pada kamus dapat dipantau oleh pembuat kamus. Latihan terdapat dalam kamus berupa Google form dengan alamat https //forms.gle/TcB9jzue2JVM5wEd7 sebagai sarana pelajar BIPA level pemula menilai keterpahaman membaca isi kamus. Latihan ini berisi (1) 8 soal pilihan ganda terkait kesesuaian gambar dengan kata yang paling tepat (2) 5 soal benar dan salah terkait kecocokan gambar dengan kata (3)55 soal esai terkait mengembangkan kata menjadi kalimat. Hasil latihan dapat juga digunakan sebagai evaluasi pembuat kamus dalam mengembangkan kamus tematik untuk pelajar BIPA level pemula yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159317

Actions (login required)

View Item View Item