Azizan, Yoga Rifqi (2020) Pengembangan bahan ajar menyimak teks deskripsi berbasis website (e-learning) untuk pelajar BIPA tingkat madya / Yoga Rifqi Azizan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan bahan ajar menyimak teks deskripsi berbasis website untuk pelajar BIPA tingkat madya. Bahan ajar yang dikembangkan memuat keanekaragaman budaya Indonesia yang diimplementasikan dalam masing-masing tema. Isi bahan ajar yang dikembangkan disesuaikan dengan fenomena pembelajaran dan kebutuhan para pelajar BIPA tingkat madya. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan terdapat fenomena pembelajaran yang dianggap kurang sesuai dengan pembelajaran BIPA. Fenomena tersebut adalah bahan ajar yang digunakan oleh sebagian pengajar BIPA tingkat madya masih kurang komunikatif. Oleh karena itu pengembang bahan ajar berupaya menyajikan alternatif bahan ajar yang komunikatif sehingga diharapkan mampu memberikan motivasi bagi belajar pelajar BIPA tingkat madya. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengadaptasi Four-DModel Thiagarajan Semmel Semmel (1974). Four-D Model memiliki empattahapan yaitu (1) Define (penetapan) (2) Design (perancangan) (3) Develop (pengembangan) dan (4) Disseminate (penyebarluasan). Produk bahan ajar yang dikembangkan berupa website yang di dalamnya terdapat konten-konten menarik dan desain secara komunikatif. Konten yang disajikan dalam website di antaranya adalah tampilan multimedia yang terdiri dari video audio dan gambar yang diproyeksikan mampu menambah motivasi belajar pelajar BIPA tingkat madya. Produk bahan ajar itu diujicobakan pada pelajar BIPA tingkat madya di Universitas Negeri Malang dalam skala kelas kecil. Selain itu produk bahan ajar divalidasikan terhadap tiga orang ahli. Ahli tersebut terdiri dari ahli bahan ajar BIPA ahli pembelajaran BIPA dan ahli kegrafikaan website. Analisis data kualitatif diperoleh berdasarkan komentar dan saran validator serta respon verbal pelajar BIPA tingkat madya. Adapun untuk analisis data kuantitatif diperoleh berdasarkan peroleh persentase kelayakan produk atas penilaian para validator dan angket respon pelajar BIPA tingkat madya. Hasil uji panduan penggunaan produk bahan ajar serta kelayakan produk pengembangan bahan ajar menyimak teks deskripsi berbasis website pada pelajar BIPA tingkat madya menunjukkan bahwa produk dapat diimplementasikan. Panduan penggunaan bahan ajar mendapatkan persentase sebesar 75%. Presentase panduan penggunaan bahan ajar tersebut tergolong baik sehingga panduan penggunaan bahan ajar layak diimplementasikan. Selanjutnya terdapat empat aspek utama yang dinilai kelayakannya oleh para validator. Empat aspek tersebut adalah (1) aspek penyajian (2) aspek isi (3) aspek kelayakan bahasa dan (4) aspek kelayakan website. Masing-masing kelayakan tersebut memperoleh persentase penilaianansebagai berikut. (1) aspek kelayakan penyajian memperoleh persentase 73% sehingga dapat dikatakan bahan ajar layak diimplementasikan meskipun ada beberapa revisi (2) aspek kelayakan isi memperoleh persentase kelayakan 80%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa isi bahan ajar layak diimplementasikan meskipun ada sedikit revisi (3) selanjutnya untuk aspek kelayakan bahasa memperoleh persentase kelayakan 79% dengan demikian bahasa yang digunakan dalam bahan ajar berbasis website ini layak diimpelementasikan dengan direvisi terlebih dahulu (4) aspek kelayakan kegrafikaan website memperoleh persentase 86% dengan hasil tersebut menunjukkan bahwa kegrafikaan website layak diimpelemntasikan setelah direvisi berdasarkan komentar validator kegrafikaan website. Adapun untuk hasil angket respon pelajar BIPA tingkat madya terhadapbahan ajar yang dikembangkan ini memperoleh persentase 100%. Berdasarkan hasil uji produk dan uji lapangan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menyimak teks deskripsi berbasis website ini layak diimpelemantasikan dan mampu menumbuhkan antusiasme belajar bagi pelajar BIPA tingkat madya. Tetapi bahan ajar ini juga memiliki kelemahan yang cukup mendasar yaitu bahan ajar ini hanya bergantung pada jaringan internet. Jika koneksi internet yang digunakan kurang baik maka proses berselancar pelajar BIPA tingkat madya akan tersendat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/159316 |
Actions (login required)
View Item |