Implementasi pembelajaran daring melalui audio-visual dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak: (studi kasus TK Dharma Wanita Dayu 01 Kabupaten Blitar) / Binti Khoirul Nikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran daring melalui audio-visual dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak: (studi kasus TK Dharma Wanita Dayu 01 Kabupaten Blitar) / Binti Khoirul Nikmah

Nikmah, Binti Khoirul (2020) Implementasi pembelajaran daring melalui audio-visual dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak: (studi kasus TK Dharma Wanita Dayu 01 Kabupaten Blitar) / Binti Khoirul Nikmah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nikmah Binti khoirul 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Melalui Audio-Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Studi Kasus (TK Dharma Wanita Dayu 01 Kabupaten Blitar). Tesis Fakultas Ilmu Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (II) Dr. H. A. Yusuf Sobri S.Sos. M.Pd. Kata kunci pembelajaran daring audio-visual kognitif TK Dharma Wanita Dayu 01 menggunakan sistim daring. Daring adalah pembelajaran yang di laksanakan melalui jaringan internet seperti pada aplikasi WA zoom dan penyampaian pembelajaran. Guru harus memastikan belajar mengajar tetap berjalan meskipun peserta didik berada di rumah. Guru dituntut dapat merancang kegiatan pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Koneksi jaringan internet merupakan salah satu kendala yang dihadapi peserta didik yang tempat tinggalnya sulit untuk mengakses internet. Kognitif merupakan kemampuan untuk menganalisis mengevaluasi dan menyelesaikan persoalan-persolan. Seperti berfikir simbolik mengelompokkan mengurut dan menghitung mengingat memahami konsep dan keaksaraan. Dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik TK Dharma Wanita Dayu 01 membutuhkan suatu media yang efektif yang bisa digunakan untuk menyampaikan suatu pesan atau materi kepada peserta didik. Media Audio-Visual merupakan salah satu media yang bisa menampilkan suara dan gambar yang digunakan untuk membantu menyampaikan kata dan tulisan yang diucapkan dalam memberikan pengetahuan atau pengalaman baru bagi peserta didik. Langkah yang dilakukan guru TK Dharma Wanita dayu 01 membuat vidio-vidio pembelajaran yang tujuannya adalah agar anak bisa memperoleh pengalaman atau materi pembelajaran yang mudah di fahami dengan menggunakan vidio anak secara tidak langsung bisa melihat gambar guru dan mendengarkan suara guru sa rsquo at menjelaskan materi pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran kemampuan kognitif peserta didik pada saat pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif peneliti menyelidiki secara cermat suatu program peristiwa aktivitas proses atau sekelompok individu. Pada pengumpulan informasi secara lengkap berdasarkan waktu yang sudah ditentukan. Hasil penilitian berdasarkan wawancara observasi dan dokumentasi menunjukakn bahwa Implementasi penggunaan media Audio-Visual saat pandemi covid-19 ini ada kelebihan dan kekurangannya. Diantara kelebihannya anak mendapatkan pengalaman baru terkai IT. Perkembangan otak anak akan lebih cepat berkembang karena selalu dibiasakan untuk menyelesaikan masalah. Materi pembelajaran bisa tersampaikan dengan baik. Dengan menggunakan Audio-Visual diharapkan pembelajaran semua bidang pengembangan dapat tersampaikan dengan baik dan bisa digunakan untuk mengembangkan kemampuan bidang-bidang yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159315

Actions (login required)

View Item View Item