Penerapan pembelajaran dari rumah masa pandemi covid 19 (studi multi situs di KB Al Hidayah 2 Kelutan Trenggalek, KBIT Permata Umat Sorodakan Trenggalek, dan KB Al Azhaar Sukorejo Gandusari Trenggalek) / Anny Qinana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran dari rumah masa pandemi covid 19 (studi multi situs di KB Al Hidayah 2 Kelutan Trenggalek, KBIT Permata Umat Sorodakan Trenggalek, dan KB Al Azhaar Sukorejo Gandusari Trenggalek) / Anny Qinana

Qinana, Anny (2020) Penerapan pembelajaran dari rumah masa pandemi covid 19 (studi multi situs di KB Al Hidayah 2 Kelutan Trenggalek, KBIT Permata Umat Sorodakan Trenggalek, dan KB Al Azhaar Sukorejo Gandusari Trenggalek) / Anny Qinana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Qinana Anny. 2020. Penerapan Pembelajaran dari Rumah Masa Pandemi Covid-19 (Studi Multi Situs di KB Al Hidayah 2 Kelutan Trenggalek KBIT Permata Ummat Sorodakan Trenggalek dan KB Al Azhaar Sukorejo Gandusari Trenggalek). Tesis Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Dedi Kuswandi M.Pd. (II) Dr.H.Alif Mudiono M. Pd Kata Kunci Pembelajaran dari Rumah Kelompok Bermain PAUD Sejak 11 Maret2020 penyebaran Covid-19 (Coronavirus Disease) ditetapkan sebagai bencana nasional. Ditandai dengan keluarnya SuratEdaranMendikbud No.4tahun2020 DiperkuatSurat Edaran Sekretaris Jenderal KemendikbudNomor 15 Tahun 2020 mengenai Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan pelaksanaan evaluasi faktor pendukung dan penghambat sekaligus cara mengatasinya serta rencana tindak lanjut dalam penerapan pembelajaran dari rumah pada masa pandemi Covid-19 Menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan rancangan multisitus penelitian ini berlokasi di KB Al Hidayah 2 Kelutan KBIT Permata Ummat dan KB Al Azhaar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi partisipan dan studi analisis data dengan menyanjikan data membuat proposisi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah Pertama perencanaan pembelajaran dari rumah meliputi menyiapkan guru orangtua dan anak tentang apa yang harus dilakukan guru menyusun RPP yang sesuai dengan kondisi anak dan orangtua membangun komunikasi dengan orangtua Kedua pelaksanaan pembelajaran dari rumah meliputi memastikan materi siap memastikan orangtua telah mendapat penjelasan cukup tentang materi pembelajaran memastikan komunikasi orangtua dengan anak efektif Ketiga evaluasi melibatkan orangtua dengan mengamati proses pembelajaran anak di rumah sekaligus mendokumentasikannya kemudian hasil pengamatan berupa video foto hasil karya tersebut diberikan kepada guru baik secara langsung telpon wa maupun media lain. Guru merekap menganalisis dan membuat laporan perkembangan Keempat faktor penghambat antara lain keterbatasan paket data internet keterbatasan guru membuat materi daring keterbatasan mengoperasikan ponsel keterbatasan orangtua dalam mendampingi anak komunikasi yang kurang efektif semangat anak menurun upaya mengatasi dengan meningkatkan kapasitas diri melalui webinar bimtek diklat diskusi serta memotivasi guru orangtua dan anak Kelima faktor pendukungnya antara lain guru orangtua dan anak semangat dalam melakukan pembelajaran ketrampilan guru dalam membuat pembelajaran yang menyenangkan semakin meningkat Orangtua semakin lama semakin trampil dalam mendampingi anak belajar di rumah Keenam rencana tindak lanjut lembaga akan mengefektifkan pelibatan orangtua mengembangkan alat permainan edukatif (APE) berbasis teknologi dan mengembangkan kemampuan menyusun program pembelajaran yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159314

Actions (login required)

View Item View Item