Pengembangan media tempurung kelapa variatif untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak melalui permainan eksploratif di TK Laboratorium UM Kota Blitar / Novia Candra Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media tempurung kelapa variatif untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak melalui permainan eksploratif di TK Laboratorium UM Kota Blitar / Novia Candra Dewi

Dewi, Novia Candra (2020) Pengembangan media tempurung kelapa variatif untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak melalui permainan eksploratif di TK Laboratorium UM Kota Blitar / Novia Candra Dewi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Novia Candra. 2020. Pengembangan Media Tempurung Kelapa Variatif Untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Eksploratif di TK Laboratorium UM Kota Blitar. Tesis Prodi S2- Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Mohammad Zainuddin M.Pd (II) Prof. Dr. H. Imron Arifin M.Pd. Kata kunci Media Tempurung Kelapa Variatif Aspek Perkembangan Kognitif Pengembangan media pembelajaran yang lebih variatif untuk menstimulasi aspek perkembangan kognitif sangat diperlukan di TK Laboratorium UM Kota Blitar. Media tempurung kelapa variatif merupakan salah satu implementasi pengembangan media yang memanfaatkan bahan dari alam agar anak-anak semakin aktif kreatif dan eksploratif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media tempurung kelapa variatif yang (valid praktis menarik dan efektif) sesuai dengan kaidah aspek perkembangan anak usia dini yaitu dapat menstimulasi kemampuan kognitif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey (2009). Teknik analisis data berisi tentang analisis data validasi kepraktisan kemenarikan dan keefektifan produk media pembelajaran tempurung kelapa variatif. Subjek uji coba penelitian ini adalah anak TK Laboratorium UM kota Blitar yang berjumlah 14 anak. Desain uji coba terdiri dari uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba adalah anak kelompok B sejumlah 14 anak di TK Laboratorium UM Kota Blitar. Hasil persentase validitas media dari ahli materi adalah 98 53%. kategorinya sangat valid. Selanjutnya hasil persentase validitas media yang diperoleh dari ahli media pembelajaran adalah 95 16 %. Hasil uji coba perorangan diperoleh persentase (a) tingkat kepraktisan 89 28% dan termasuk kategori sangat praktis (b) tingkat kemenarikan 90 62% dan termasuk kategori sangat menarik (c) tingkat keefektifan 96 05% dan termasuk kategori sangat efektif. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase (a) tingkat kepraktisan 92 86% dan termasuk kategori sangat praktis (b) tingkat kemenarikan 93 75% dan termasuk kategori sangat menarik (c) tingkat keefektifan 97 37% dan termasuk kategori sangat efektif. Hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase (a) tingkat kepraktisan 92 86% dan termasuk kategori sangat praktis (b) tingkat kemenarikan 96 87% dan termasuk kategori sangat menarik (c) tingkat keefektifan 96 05% dan termasuk kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil validitas dari ahli materi dan ahli pembelajaran serta hasil instrumen yang telah diisi oleh guru untuk mengetahui tingkat kepraktisan kemenarikan dan keefektifan maka media tempurung kelapa variatif sudah sesuai dan layak untuk digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran untuk menstimulasi aspek perkembangan kognitif dan juga aspek perkembangan lainnya yang saling terintegrasi (nilai agama moral bahasa sosial emosional fisik motorik dan seni) anak usia 5-6 tahun di TK Laboratorium UM Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159313

Actions (login required)

View Item View Item