Dwi Indrawati (2021) keefektifan penataan kelas dalam peningkatan kemampuan kerjasama dan berbahasa ekspresif di kelompok b tk muslimat nu 14 kota malang / dwi indrawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Indrawati Dwi. 2021. Keefektifan Penataan Kelas dalam Peningkatkan Kemampuan Kerjasama dan Berbahasa Ekspresif di Kelompok B TK Muslimat NU 14 Kota Malang. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. Ishaq M.Pd Pembimbing (2) Prof. Dr. HM Zainuddin M.Pd Kata Kunci Penataan Kelas Kemampuan Kerjasama Kemampuan Berbahasa Ekspresif Hasil studi lapangan dapat diketahui bahwa banyaknya masalah yang timbul karena suasana kelas yang tidak nyaman kemampuan kerjasama dan kemampuan bahasa ekspresif tidak dapat berkembang secara optimal. Kondisi tersebut terjadi karena penataan kelas yang dilakukan oleh tenaga pendidik tidak maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penataan kelas dalam meningkatkan kemampuan kerjasama dan berbahasa ekspresif di Kelompok B TK Muslimat NU 14 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment). Dengan menggunakan pre-test sebelum diberi perlakuan dan post-test setelah diberi perlakuan. Dengan menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat Prosedur penelitian dengan melakukan menentukan populasi uji validator melakukan uji pre test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen uji post kelas kontrol dan eksperimen pengambilan dan pengolahan data dan melakukan analisis serta kesimpulan data. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa terdapat perubahan yaitu dengan melihat hasil pengolahan data kemampuan kerjasama dan bahasa ekspresif dimana terdapat perbedaan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen kemampuan kerjasama dan bahasa ekspresif sehingga penataan kelas efektif dalam peningkatan kemampuan kerjasama dan bahasa ekspresif di TK Muslimat NU 14. Disaran bagi Kepala TK agar lebih mengefektifkan penataan kelas untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dan berbahasa ekspesif bagi peserta didik. Guru disarankan agar dapat meningkatkan kemampuan kerjasama dan berbahasa ekspresif secara efektif dengan melakukan penataan kelas yang maksimal. Peneliti selanjutnya disarankan agar melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang keefektifan penataan kelas dalam meningkatkan kemampuan kerjasama dan berbahasa ekspresif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/159312 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |