pengembangan panduan belajar dari rumah dengan model contextual teaching and learning (ctl) untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun / uswatun kasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan panduan belajar dari rumah dengan model contextual teaching and learning (ctl) untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun / uswatun kasanah

Kasanah, Uswatun Kasanah (2021) pengembangan panduan belajar dari rumah dengan model contextual teaching and learning (ctl) untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun / uswatun kasanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kasanah Uswatun. 2021. Pengembangan Panduan Belajar dari Rumah dengan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun. Tesis Program Studi S 2 Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1). Prof. Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (2) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. Kata Kunci belajar dari rumah pembelajaran kontekstual kemampuan berbicara Penelitian ini berangkat dari permasalahan guru agar pelaksanaan kegiatan belajar serta peningkatan aspek-aspek perkembangan anak tetap terlaksana pada masa pandemi Covid 19 ini. Hal ini dikarenakan himbauan pemerintah Indonesia dalam mencegah meluasnya penularan virus ini yaitu dengan menjaga jarak fisik (physical distancing) kerja dari rumah (work from home) beribadah di rumah hingga belajar dari rumah. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa buku yang bisa digunakan sebagai panduan orang tua di rumah untuk meningkatkan aspek perkembangan anak terutama kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun. Peserta didik sebagai subjek uji coba produk memiliki kualifikasi yaitu sedang belajar di Kelompok A TK Model Kota Malang dengan jumlah 15 anak kelompok A.2. Panduan belajar dari rumah ini berupa buku panduan berisi kegiatan yang akan dilakukan oleh anak dari rumah. Panduan belajar ini membantu meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun agar lebih efektif dan efisien digunakan dalam pembelajaran pada masa pandemi ini. Panduan belajar dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menampilkan gambar animasi serta kegiatan yang sekiranya mampu memberikan stimulus sehingga kemampuan berbicara anak dapat meningkat walau anak belajar dari rumah. Contextual Teaching and Learning sebagai alternatif pengajaran dan pendekatan pembelajaran yang dipilih karena dalam hal ini anak diharapkan untuk belajar melalui mengalami bukan dengan menghafal . Berdasarkan hasil validasi dari ahli media pada produk yang telah dikembangkan ini mencapai 96 25 % dengan kriteria valid. Hasil validasi dari ahli materi pada produk buku panduan yang dikembangkan ini adalah 94 75 % dengan kriteria valid. Sedangkan hasil validasi dari ahli pengguna terhadap produk yang dikembangkan mencapai 92 50 % dengan kriteria valid. Dengan demikian hasil dari uji dilapangan diperoleh sebesar 94 49 % dengan kriteria efektif dan kemampuan berbicara anak berkembang dengan baik sehingga produk ini layak untuk dipergunakan. Disarankan buku panduan ini dapat digunakan di sekolah lain untuk meningkatkan kemampuan berbicara dimasa pandemi maupun tatap muka dengan lebih dikembangkan lagi kegiatan lebih bervariasi serta bisa disosialisasikan ke lembaga lain untuk penggunaannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159310

Actions (login required)

View Item View Item