penerapan model experiential learning untuk meningkatkan kemampuan sosial anak usia 4-5 tahun kelompok a2 di tk madinah kota malang / fitri anjarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

penerapan model experiential learning untuk meningkatkan kemampuan sosial anak usia 4-5 tahun kelompok a2 di tk madinah kota malang / fitri anjarwati

Anjarwati, Fitri Anjarwati (2021) penerapan model experiential learning untuk meningkatkan kemampuan sosial anak usia 4-5 tahun kelompok a2 di tk madinah kota malang / fitri anjarwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masa usia dini merupakan masa kritis dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Keberhasilan proses pendidikan masa usia dini menjadi dasar untuk pendidikan selanjutnya. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam perkembangan anak usia dini ialah kemampuan sosial. Untuk meningkatkan perkembangan kemampuan sosial maka perlu stimulus belajar yang sesuai dengan masa usia dini sebab mereka memiliki keunikan dalam belajar. Experiential learning merupakan model pembelajaran yang berdasarkan pengalaman langsung untuk membangun pengetahuan dan ketarampilan. Prosedur pelaksanaannya terdapat empat tahap yaitu yaitu 1) pengalamn konkret 2) refleksi 3) konseptualisasi dan 4) pengalaman aktif/penerapan. Berdasarkan hasil obersvasi yang dilakukan di kelompok A2 TK Madinah Malang untuk kemampuan sosial pada indikator mentaati aturan dan kerjasama masih belum berkembang dengan baik. Pembelajaran di TK Madinah masih dominan pada perkembangan akademik. Tujuan penelitian ini untuk menerapkan model experiential learning guna meningkatkan kemampuan sosial anak usia 4-5 tahun. Subjek penelitian ini 20 anak kelompok A2 di TK Madinah Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindak kelas (PTK) atau sering disebut action research. Model penelitian ini digunakan terkait dengan tujuan yang akan dicapai yaitu memperoleh deskripsi bagaimana model experiential learning dapat meningkatkan kemampuan sosial anak usia 4-5 tahun. Sesuai dengan tujuan penelitian peneliti memilih konteks kelas sebagai tempat penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sosial anak usia 4-5 tahun kelompok A2 terlihat meningkat stabil. Data pratindakan kemampuan sosial menaati aturan sebesar 48% pada Siklus I sebesar 61% dan persentase Siklus II sebesar 77%. Dan pada kemampuan sosial bekerjasama data awal pratindakan sebesar 47% pada Siklus I sebesar 58% dan Siklus II sebesar 76%. Dari data tersebut maka dapat diartikan bahwa kemampuan sosial anak usia 4-5 tahun kelompok A2 di TK Madinah Kota Malang meningkat dengan baik. Adapun peningkatannya antara 12% hingga 18% Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka model experiential learning dapat menjadi alternatif metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan sosial anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159308

Actions (login required)

View Item View Item