Penerapan project based learning (pjbl) berbantuan media bahan alam untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 4-5 tahun di tk muslimat hajjah mariyam kota batu / Tri Ulfa Rosyda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan project based learning (pjbl) berbantuan media bahan alam untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 4-5 tahun di tk muslimat hajjah mariyam kota batu / Tri Ulfa Rosyda

Rosyda, Tri Ulfa Rosyda (0000) Penerapan project based learning (pjbl) berbantuan media bahan alam untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 4-5 tahun di tk muslimat hajjah mariyam kota batu / Tri Ulfa Rosyda. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mengkaji permasalahan tentang perilaku kerjasama anak di TK Hajjah Mariyam Kota Batu kelompok B. Hasil observasi menunjukkan adanya perilaku dimana anak kurang memiliki kemampuan kerjasama dalam kelompok yang ditunjukkan dengan perilaku (1) anak enggan bermain bersama temannya (2) anak sering berebut dan tidak mau berbagi mainan dengan temannya (3) anak enggan membantu temannya yang kesulitan dan (4) anak kurang mengapresiasi temannya yang berhasil melakukan sesuatu. Project Based Learning (PjBL) dipilih sebagai treatmen untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak karena model ini merupakan strategi pengajaran yang melibatkan anak dalam belajar memecahkan masalah dengan melakukan kerjasama bersama anak lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Muslimat Hajjah Mariyam Kota Batu. Jumlah subjek anak yang dijadikan sasaran pada penelitian ini adalah 17 anak dengan 8 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi yang digunakan untuk mengumpulkan data proses dan interaksi selama kegiatan wawancara dan dokumen berupa recana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) foto dan hasil kerja anak video kegiatan pembelajaran agenda dan lain sebagainya. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah pra siklus dengan hasil nilai rata-rata 4 88 dengan persentase ketuntasan anak 31%. Tahap kedua adalah siklus I yang dilakukan selama tiga kali pertemuan dengan nilai rata-rata 8 65 dan persentase ketuntasan anak 54%. Selanjutnya tahap ketiga adalah siklus II yang dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan dengan nilai rata-rata 13 94 dan persentase ketuntasan anak 87%. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Project Based Learning (PjBL) selama dua siklus mampu meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat Hajjah Mariyam Kota Batu. Dengan demikian Project Based Learning (PjBL) disarankan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159307

Actions (login required)

View Item View Item