Pengembangan sumber belajar berbasis microsoft powerpoint materi persamaan linear dua variabel bagi siswa SMP kelas VIII / Varetha Lisarani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan sumber belajar berbasis microsoft powerpoint materi persamaan linear dua variabel bagi siswa SMP kelas VIII / Varetha Lisarani

Lisarani, Varetha (2015) Pengembangan sumber belajar berbasis microsoft powerpoint materi persamaan linear dua variabel bagi siswa SMP kelas VIII / Varetha Lisarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lisarani Varetha. 2015. Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Microsoft PowerPoint Materi Persamaan Linear Dua Variabel bagi Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Rustanto Rahardi M.Si. Kata kunci pengembangan sumber belajar Microsoft PowerPoint persamaan linear dua variabel. Kendala-kendala yang dialami dalam penerapan Kurikulum 2013 seperti tenaga pendidik yang belum siap dan penyebaran buku teks yang tidak tepat waktu menyebabkan pemerintah akhirnya hanya menerapkan Kurikulum 2013 di 6.221 unit sekolah saja dan sisanya akan menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Adanya perbedaan kurikulum yang diterapkan di sekolah-sekolah ini menyebabkan diperlukannya suatu sumber belajar yang mudah dikembangkan dan dioperasikan serta dapat digunakan baik untuk sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 maupun KTSP. Microsoft PowerPoint adalah program aplikasi untuk membuat tayangan berupa teks tabel grafik diagram dan sebagainya yang tidak lagi asing digunakan dalam dunia pendidikan. Microsoft PowerPoint adalah program yang relatif mudah digunakan segala kalangan baik tua maupun muda. Atas pertimbangan-pertimbangan tersebut akhirnya dikembangkan suatu sumber belajar berbasis Microsoft PowerPoint bagi siswa SMP kelas VIII. Pengembangan sumber belajar ini menggunakan model Plomp yang dimodifikasi. Fase-fase dalam pengembangan ini adalah fase investigasi awal fase desain fase realisasi/konstruksi dan yang terakhir adalah fase tes evaluasi dan revisi. Fase implementasi tidak dilakukan karena keterbatasan peneliti. Sumber belajar yang telah disusun kemudian divalidasi oleh seorang dosen matematika dan seorang guru matematika SMP. Berdasarkan hasil validasi didapatkan tingkat kevalidan sumber belajar yang dikembangkan sebesar 85 8% dengan kriteria sangat valid. Sumber belajar yang telah divalidasi kemudian diujicobakan pada 6 orang siswa SMP dengan kemampuan heterogen. Berdasarkan hasil tes tertulis 100% siswa mendapatkan nilai di atas 75 dengan rata-rata nilai 89 7 dengan kategori tingkat pemahaman tinggi. Sedangkan hasil angket respon siswa menunjukkan terdapat 92% respon positif dari siswa. Dengan demikian sumber belajar yang dikembangkan efektif. Demi mengembangkan sumber belajar yang lebih baik sumber belajar ini direvisi berdasarkan saran validator dan siswa. Revisi-revisi yang dilakukan antara lain menambahkan ilustrasi neraca memastikan hanya ada satu pertanyaan dalam tiap slide memastikan simbol matematika yang digunakan tepat memastikan kalimat yang digunakan efektif menambah variasi contoh dan bukan contoh PLDV serta memperbaiki kesalahan-kesalahan penulisan serta tanda baca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15930

Actions (login required)

View Item View Item