Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pokok bahasan SPLDV berdasarkan tahapan penyelesaian masalah Polya / Elfa Dwi Herawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pokok bahasan SPLDV berdasarkan tahapan penyelesaian masalah Polya / Elfa Dwi Herawati

Herawati, Elfa Dwi (2015) Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pokok bahasan SPLDV berdasarkan tahapan penyelesaian masalah Polya / Elfa Dwi Herawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herawati Elfa Dwi. 2015. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan SPLDV Berdasarkan Tahapan Penyelesaian Masalah Polya. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sudirman M.Si. Kata kunci Analisis Kesalahan Soal Cerita SPLDV Tahapan Polya. Belajar matematika merupakan proses membangun atau mengonstruksi konsep. Salah satu bentuk soal di dalam matematika yaitu soal cerita. Pada materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel) biasanya menggunakan soal berbentuk soal cerita. Banyak siswa mengalami kesulitan untuk memahami makna dalam soal cerita sehingga mereka banyak melakukan kesalahan-kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV. Tahapan yang digunakan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tersebut adalah tahapan penyelesaian masalah Polya. Penyelesaian masalah Polya memiliki empat tahap yaitu (1) Memahami masalah (Understanding the problem) (2) Menyusun rencana penyelesaian (Devising a plan) (3) melaksanakan rencana penyelesaian (Carrying out the plan) (4) Memeriksa kembali (Looking back). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMPN 13 Malang. Siswa yang mengerjakan ketiga soal tes dengan lengkap dan melakukan kesalahan dalam pengerjaan akan dijadikan subjek penelitian. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan subjek penelitian akan dianalisis berdasarkan empat tahapan Polya yang telah disebutkan sebelumnya. Hasil analisis pada penelitian ini menemukan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV adalah (1) Tahap memahami masalah yaitu siswa salah karena tidak sempurna dalam menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan (2) Tahap menyusun rencana penyelesaian yaitu salah dalam membuat kalimat matematika salah dalam menentukan metode atau rumus salah karena tidak ada metode atau rumus yang digunakan salah karena tidak ada pemisalan salah karena tidak ada kalimat matematika (3) Tahap melaksanakan rencana penyelesaian yaitu salah melakukan operasi/perhitunga salah memanipulasi aljabar langkah selesaian yang salah atau tidak sempurna salah memasukkan data (4) Tahap memeriksa kembali yaitu salah menulis kesimpulan salah karena tidak ada kesimpulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15929

Actions (login required)

View Item View Item