Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada segi empat / Handayani Puteri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada segi empat / Handayani Puteri

Puteri, Handayani (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada segi empat / Handayani Puteri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puteri Handayani. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik pada Segi Empat. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. Kata Kunci Perangkat pembelajaran pendekatan saintifik segi empat Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada segi empat yang valid praktis dan efektif . Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini ialah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyederhanaan model pengembangan 4-D Thiagarajan menjadi 3-D yang terdiri dari tiga tahap yaitu 1) define (pendefinisian) 2) design (perancangan) 3) develop (pengembangan). Tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan karena pengembangan perangkat pembelajaran ini terbatas pada kelompok kecil. Uji kevalidan dilaksanakan oleh tiga validator yaitu seorang dosen matematika dengan pendidikan S3 sebagai validator ahli dan dua orang guru matematika dengan pendidikan S1 sebagai validator praktisi. Uji kepraktisan dilakukan oleh seorang guru dan dua orang observer. Uji keefektifan dilakukan oleh pengembang dengan subjek sembilan siswa SMP Negeri 10 Malang kelas VII. Berdasarkan hasil uji kevalidan kepraktisan dan kefektifan disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dengan rata-rata nilai kevalidan 3 62 dengan maksimal 4 dan untuk menyempurnakan perangkat pembelajaran ini dilakukan beberapa revisi berdasarkan saran/komentar validator baik secara tertulis atau lisan. Berdasarkan uji coba pada kelompok kecil perangkat pembelajaran dinyatakan praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis oleh guru dan observer dengan rata-rata nilai uji kepraktisannya sebesar 3 65 maksimal 4 serta untuk menyempurnakan perangkat pembelajaran dilakukan beberapa revisi berdasarkan saran/komentar guru observer secara tertulis atau lisan. Perangkat pembelajaran dinyatakan efektif dengan semua subjek mendapat rata-rata nilai pengetahuan lebih dari atau sama dengan B (2 85) semua subjek mendapat modus nilai sikap lebih dari atau sama dengan B (3 00) dan respon siswa paling tidak baik. Jadi dapat disimpulkan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15927

Actions (login required)

View Item View Item