Maharani, Yaroidah (2015) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) menggunakan pendekatan saintifk pada siswa SMP pokok bahasan peluang / Yaroidah Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Maharani Yaroidah. 2015. PengembanganLembarKegiatanSiswa (LKS) MenggunakanPendekatanSaintifikpadaSiswaSMP PokokBahasanPeluang.Skripsi Program StudiPendidikanMatematika FMIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Dra. RiniNurhakiki M.Pd. Kata kunci lembarkegiatansiswa (LKS) pendekatansaintifik. LembarKegiatanSiswa (LKS) merupakansalahsatukomponendalam proses pembelajaran yang perludikembangkandanbergunauntukmembantusiswadalammenambahilmupengetahuantentangmateri yang diajarkan guru sehinggamenghasilkanpembelajaran yang baik. Untukmenunjangpembelajaran yang baik salahsatucaradenganmenggunakanpendekatansaintifik. Pendekatansaintifikadalahsalahsatupendekatandalampembelajaran yang menerapkankegiatan 5M yaitumengamati menanya menggaliinformasi menalar danmengkomunikasikan.Pendekatantersebutmembantusiswamenjadiaktif kreatif dankritis yang sesuaidengankarakterdalamaspekafektif kognitif danketerampilan. Dalammenghasilkanprodukini telahdilakukanrevisisebanyak 2 kali.Revisi yang pertama merinci KD 2.2 danmengurutkanmateri yang diajarkan.Revisi yang kedua yaitumenambahkanketeranganpada LKS I kegiatan 2 supayalebihmemudahkansiswadalammenemukansuatunilai yang diharapkan. Model yang digunakandalammengembangkanLembarKegiatanSiswa (LKS) iniadalah model pengembanganBorg and Gall. Model tersebutdimodifikasisehinggatahapan-tahapandalammenghasilkanprodukberupa LKS adalahpenelitiandanpengumpulan data perencanaan pengembangan draf produk uji coba lapangan merevisi hasil uji coba dan penyempurnaan pro duk hasil uji lapangan.Produk yang telahdisusunkemudiandivalidasiolehdua validator yaitusatu validator ahliyaitudosenmatematika UM dansatu validator praktisiyaitu guru matematika SMP AL-Hidayah. Berdasarkanhasilvalidasidarikedua validator tersebutdiperolehtingkatkevalidanyaitu 85 7% untuk RPP dan 87 5% untuk LKS. Berdasarkanhasiltersebutmakaproduk yang telahdisusunmemilikikriteriasangat valid.Produk yang sudah valid tersebut kemudiandiujicobakanpadakelompokkeciluntukmelihatketerlaksanaanproduk yang telahdisusun. Berdasarkanujicobaprodukpadakelompokkecildiperolehhasilbahwaprodukberupa LKS dapatmemudahkansiswamemahamimateri yang diajarkan terbuktibahwatingkatkeberhasilansiswaadalah94% (kuis I) 85% (latihanmandiri) 83 98% (kuis II) 87% (kuis III) 91 78% (kuis IV) dan 92 58% (kuis V) dari 10 siswa. Sehinggadapatdisimpulkanbahwa100% siswamemperolehnilai 8805 70. Hal ini berarti siswa dapat memahami materidenganbaik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15925 |
Actions (login required)
View Item |