Rudy, Amelia Trie Noviantie Risky (2015) Penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Pakisaji / Amelia Trie Noviantie Risky Rudy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rudy Amelia TrieNoviantie Risky. 2015. PenerapanModel Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) UntukMeningkatkanHasilBelajarPadaMateriPersamaan Linier DuaVariabelSiswaKelas VIII-C SMP Negeri 1 Pakisaji. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ety T. D. Cahyowati M.Pd. Kata Kunci Team Games Tournament HasilBelajar Penelitianinibertujuanmendeskripsikan penerapan model pembelajaranteam game tournament yang dapat meningkatkanhasilbelajarpadamateripersamaan linier duavariabelsiswakelas VIII C SMP Negeri 1 Pakisaji.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakandalamduasiklus. Subjekpenelitianadalahsiswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Pakisaji.Berdasarkan observasi awal yang dilakukanpenelitidi SMP Negeri 1 Pakisajididapatkanbahwa siswa kelas VIIIC kurangaktifketikapembelajaran.Ditunjukkandenganmasihbanyaksiswayang pasifdalampembelajaran.Banyaknyasiswa yang pasifberpengaruhpadahasilbelajarsiswa yang rendah.Berdasarkan data yang diberikan guru matematikadidapatkanhasilUlangan Tengah Semester Ganjil 2014/2015 kelas VIII C yang hanyamencapai 14 5% siswamemperolehnilai rata-rata lebihdariatausamadengan 75.Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang menuntut siswa untukmemperbaikihasilbelajarmerekadenganmelibatkanaktivitassemuasiswatanpamemandangperbedaan status dalampembelajaran. Pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaranteam games tournament (TGT).Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi (1) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi dan(2)hasil tes akhir siklus. Penerapanmodelpembelajaraanteam games tournament (TGT) yang dapat meningkatkanhasilbelajarpada materi persamaan linier duavariabelsiswa kelas VIII CSMP Negeri 1 Pakisajidengan langkah-langkah sebagai berikut yaitu (1) penyajiankelas (2) teams (3) game (4) tournament dan(5) penghargaankelompok. Data penelitian juga menunjukkan bahwa mampumeningkatkanhasil belajarsiswa. Hal ini dapat dilihat dengandiperolehnyanilai tes akhir siklus sebesar 85 71% siswa memperoleh nilai rata-rata lebih dari atau sama dengan 75. Maka penerapan model pembelajaran team games tournament dikatakan telah berhasil memenuhi kriteria keberhasilan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15924 |
Actions (login required)
View Item |