Pengembangan modul pembelajaran bercirikan discovery learning pada materi aritmatika sosial / Nur Aini Purwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran bercirikan discovery learning pada materi aritmatika sosial / Nur Aini Purwati

Purwati, Nur Aini (2015) Pengembangan modul pembelajaran bercirikan discovery learning pada materi aritmatika sosial / Nur Aini Purwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwati Nur Aini. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Bercirikan Discovery Learning pada Materi Aritmetika Sosial. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Erry Hidayanto M.Si. Kata Kunci modul Discovery Learning Aritmetika Sosial Selama penulis melaksanakan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) diperoleh fakta bahwa para siswa umumnya cenderung bergantung kepada siswa lain dalam hal menyelesaikan tugas sekolah. Hal ini berdampak buruk bagi pemahaman siswa dan kemandirian belajar siswa. Menurut Depdiknas (2008 13) modul adalah buku yang ditulis dengan tujuan agar peserta didik dapat belajar secara mandiri tanpa atau dengan bimbingan guru. Mbulu (2001 90) menyatakan tujuan pembelajaran dengan modul adalah memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar menurut kecepatan dan caranya masing-masing. Dengan demikian pembelajaran dengan modul dapat mendorong kemandirian belajar siswa. Sesuai Kurikulum 2013 Aritmetika Sosial merupakan salah satu materi di kelas VII. Sekilas materi ini terlihat tidak rumit namun beberapa siswa kesulitan menyelesaikan permasalahan Aritmetika Sosial yang biasanya berupa soal cerita. Dalam belajar matematika perlu dikembangkan suatu keterampilan menemukan. Belajar melalui metode penemuan atau discovery learning dapat mengkonstruksikan pemahaman siswa. Selain itu discovery learning sejalan dengan pendekatan saintifik Kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan proses penyusunan modul dan menghasilkan modul bercirikan discovery learning pada materi Aritmetika Sosial sebagai hasil pengembangan yang valid praktis dan efektif. Beberapa istilah pada penelitian ini didefinisikan sebagai berikut (1) Modul adalah media ajar cetak yang disusun secara valid praktis dan efektif yang mencakup satu topik atau pokok bahasan tertentu yang disusun dalam satu paket terdiri dari kegiatan belajar siswa latihan soal dan evaluasi guna membantu siswa belajar secara mandiri untuk mencapai kompetensi tertentu. (2) Discovery Learning adalah model pembelajaran yang terdiri dari enam tahapan stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan) problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) data collection (pengumpulan data) data processing (pengolahan data) verification (pembuktian) dan generalization (menarik kesimpulan/generalisasi). Sedangkan (3) Aritmetika Sosial adalah materi yang membahas nilai suatu barang harga penjualan harga pembelian untung rugi rabat bruto tara neto pajak dan bunga. Model penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada yang dapat dipertanggung jawabkan (Munawaroh 2014). Sedangkan model pengembangan yang digunakan adalah model R D yang dikembangkan oleh Sugiyono (2013 409) terdiri dari tahap potensi masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk dan revisi produk. Produk yang dikembangkan telah divalidasi oleh 1 orang validator ahli yaitu dosen matematika UM dan 1 orang validator praktisi yaitu guru matematika SMP dengan nilai V_a 3 126. Setelah itu produk telah diujicobakan kepada 7 siswa. Sesuai hasil analisis data maka diperoleh tingkat kepraktisan dengan nilai P_a 3 543 dan tingkat keefektifan 100%. Dengan demikian produk berupa modul dapat dinyatakan valid praktis dan efektif. Memperhatikan hasil tersebut maka modul ini dapat digunakan sebagai alternatif media ajar matematika pada materi Aritmetika Sosial. Selain itu modul ini dapat dijadikan contoh atau bahan pertimbangan bagi pengembang lain dalam mengembangkan bahan ajar bercirikan discovery learning pada pokok bahasan lain. Semoga hasil dari penelitian ini dapat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan Indonesia khususnya matapelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15923

Actions (login required)

View Item View Item