Safitri, Anis Suraida (2015) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bangun ruang sisi datar dengan pendekatan saintifik yang terintegrasi pendidikan karakter untuk siswa SMP kelas VIII / Anis Suraida Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Safitri Anis Suraida. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Saintifik yang Terintegrasi Pendidikan Karakter untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Tri Hapsari Utami M.Pd Kata kunci lembar kegiatan siswa bangun ruang sisi datar pendekatan saintifik pendidikan karakter Lembar Kegiatan Siswa (LKS) merupakan salah satu bahan ajar yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran di kelas dan dapat membantu mengaktifkan peserta didik selama pembelajaran. Berdasarkan observasi pendahuluan yang dilakukan di SMPN 10 Malang diperoleh informasi bahwa SMPN 10 Malang menggunakan Kurikulum 2013 dalam pembelajarannya dan menggunakan LKS sebagai sumber belajar. Namun LKS yang digunakan hanya berisi ringkasan materi dan soal latihan dan belum bisa memfasilitasi siswa untuk mengkonstruksi konsep. Berdasarkan wawancara dengan 6 siswa kelas IX yang telah mempelajari materi bangun ruang sisi datar diperoleh hasil sebagai berikut (1) enam siswa tidak mengetahui kalau kubus dan balok juga merupakan prisma segiempat (2) empat siswa mengalami kesulitan untuk menentukan luas permukaan prisma dan limas dan (3) enam siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal pemecahan masalah. Selain itu diperoleh informasi bahwa SMPN 10 Malang melaksanakan pendidikan karakter melalui budaya sekolah. SMPN 10 Malang menanamkan nilai kejujuran keadilan dan tanggung jawab melalui pengembangan kantin kejujuran nilai kepedulian melalui pembiasaan menjaga kebersihan menghormati melalui rutinitas cium tangan guru pelaksaan Imtaq dan sholat dhuhur berjamaah. Namun dalam pelaksanaan pendidikan karakter ditemui hambatan yang berasal dari siswa. Hambatan tersebut berkaitan dengan kesadaran kemauan dan sistem nilai yang dimiliki setiap individu yang terwujud dari perilaku tidak terpuji siswa. Perilaku yang muncul seperti ramai saat pembelajaran berlangsung tidak mau bekerja secara kelompok bertindak curang (mencontek saat ulangan harian dan menyalin tugas teman) menggunakan barang-barang terlarang dan ada beberapa siswa yang tidak jujur saat membayar di kantin kejujuran.Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bangun ruang sisi datar dengan pendekatan saintifik yang terintegrasi pendidikan karakter. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) ini adalah model Plomp yang telah disederhanakan. Model Plomp ini terdiri dari 4 fase yaitu (1) fase investigasi (2) fase desain (3) fase realisasi/konstruksi dan (4) fase tes evaluasi dan revisi. Untuk menilai kualitas produk yang dikembangkan dilakukan tiga tahap uji yang terdiri atas uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh 3 validator yang terdiri dari 1 dosen matematika Universitas Negeri Malang (UM) dan 2 guru matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sedangkan uji kepraktisan dan keefektifan dilakukan dengan mengujicobakan produk kepada 9 siswa SMPN 10 Malang.Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) skor kevalidan sebesar 3 554 dengan kriteria kevalidan valid (2) skor kepraktisan i
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15920 |
Actions (login required)
View Item |