Peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP negeri 12 Malang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing pada persamaan linier du variabel / Cynthia Aviva - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP negeri 12 Malang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing pada persamaan linier du variabel / Cynthia Aviva

Aviva, Cynthia (2015) Peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP negeri 12 Malang menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing pada persamaan linier du variabel / Cynthia Aviva. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aviva Cynthia. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Persamaan Linier Dua Variabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Malang Menggunakan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Indriati Nurul Hidayah S. Pd M. Si. Kata kunci Pembelajaran penemuan terbimbing hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 12 Malang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa cenderung kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa tergolong masih rendah. Menanggapi hal tersebut diperlukan adanya perbaikan dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing diharapkan model tersebut dapat membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran matematika melalui model penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 12 Malang pada materi persamaan linier dua variabel. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil apabila ketuntasan belajar klasikal kelas mencapai 8805 80%. Rancangan pembelajaran yang dirancang oleh peneliti yaitu membentuk kelompok yang heterogen sesuai dengan kemampuan siswa. Pembelajaran yang dirancang peneliti sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran penemuan terbimbing. Pada pelaksanaan tindakan langkah awal yang dilakukan guru pemberian apersepsi. Setelah itu guru melakukan tahap pemberian rangsangan sekaligus motivasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Guru membentuk kelompok yang heterogen sesuai kemampuan dan memperhatikan teman bermain siswa agar tidak gaduh saat diskusi kelompok. Lalu membimbing siswa dalam tahap identifikasi masalah tahap pengumpulan data dan tahap pengolahan data. Tahap selanjutnya yaitu tahap pembuktian dengan presentasi hasil pekerjaan kelompok dan tahap menarik kesimpulan yakni dengan menyimpulkan hasil diskusi tiap-tiap kelompok yang merupakan hasil dari pembahasan materi yang dipelajari dan memberi tes akhir yang dikerjakan siswa secara individu di akhir siklus. Setelah melaksanakan pembelajaran dengan model penemuan terbimbing hasil belajar siswa meningkat yaitu hasil belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 76 67% dan pada siklus II meningkat menjadi 93 33%. Sedangkan untuk hasil belajar afektif siswa ditunjukkan dengan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dalam kategori baik menjadi sangat baik pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15918

Actions (login required)

View Item View Item