Naviana, Shella (2015) Pengembangan Lembar kegiatan Siswa (LKS) bercirikan group investigation pada materi transformasi untuk siswa SMP kelas VII / Shella Naviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Naviana Shella. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Bercirikan Group Investigation pada Materi Transformasi untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Aning Wida Yanti S.Si M.Pd. Kata Kunci Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Group Investigation transformasi Salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran adalah bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS). LKS merupakan salah satu bahan ajar yang dapat membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan peneliti diketahui bahwa LKS yang digunakan di SMPN 16 dan SMPN 8 Malang yaitu LKS dari MGMP Kota Malang dan masih kurang membantu siswa untuk menguasai konsep yang akan dibahas. Selain itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan peneliti di SMPN 1 Gedangan Sidoarjo SMPN 2 Gedangan Sidoarjo dan SMPN 2 Sidoarjo diperoleh informasi bahwa LKS yang digunakan adalah LKS dari MGMP Kabupaten Sidoarjo dan didapatkan informasi bahwa LKS belum membantu siswa memahami materi terutama pada materi transformasi. Untuk mengetahui respon siswa terhadap materi transormasi peneliti melakukan wawancara dengan dua siswa SMPN 2 Gedangan Sidoarjo dan dua siswa SMPN 16 Malang yang telah menempuh materi transformasi. Hasil dari wawancara tersebut diperoleh informasi bahwa mereka cenderung memahami konsep transformasi hanya dengan penggunaan rumus-rumusnya saja. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengembangkan LKS bercirikan Group Investigation pada materi transformasi. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bercirikan Group Investigation pada materi transformasi adalah lembaran-lembaran aktivitas terstruktur berdasarkan Depdiknas dan memuat aktivitas-aktivitas untuk melakukan kegiatan penyelidikan terkait materi pencerminan translasi rotasi dan dilatasi dengan bantuan alat peraga yang dikembangkan dari tahapan Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS bercirikan Group Investigation pada materi transformasi dan mendeskripsikan proses pengembangan dari LKS bercirikan Group Investigation pada materi transformasi yang valid dan praktis. Model Pengembangan berpedoman pada model pengembangan Plomp (Hobri 2010 17) yang terdiri atas (1) fase investigasi awal (2) fase desain (3) fase realisasi/konstruksi (4) fase tes evaluasi dan revisi dan (5) fase implementasi. Namun pengembangan dalam penelitian ini dilakukan sampai pada fase tes evaluasi dan revisi dikarenakan LKS dikembangkan hanya untuk siswa yang belum menempuh materi transformasi. Untuk menilai kualitas produk yang dikembangkan dilakukan dua tahap uji yang terdiri atas uji kevalidan dan uji kepraktisan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yang terdiri dari satu dosen matematika dan satu guru matematika SMP. Sedangkan uji kepraktisan dilakukan dengan menguji cobakan produk kepada sepuluh siswa SMP kelas VII yang belum menempuh materi transformasi sebagai subjek uji coba. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) rerata skor kevalidan LKS adalah 3 83 dengan kriteria kevalidan adalah valid dan (2) rerata skor kepraktisan LKS adalah 3 85 dengan tingkat kepraktisan adalah tinggi. Dengan demikian secara keseluruhan LKS dinyatakan valid dan praktis tanpa revisi. Meskipun LKS telah dinyatakan valid dan praktis peneliti tetap melakukan revisi berdasarkan saran dan komentar dari validator maupun subjek uji coba selain itu revisi juga dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan siswa pada saat mengerjakan LKS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15917 |
Actions (login required)
View Item |